Cocok untuk Upgrade Audio OEM Style 3-Way, Speaker Focal Jadi Andalan Gerai Cartens Autosound

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 20/Des/2023 14:00 WIB
Speaker Focal 3-Way OEM Style di Toyota Fortuner garapan Cartens Autosound. Speaker Focal 3-Way OEM Style di Toyota Fortuner garapan Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Gerai Cartens Autosound kerap menghadirkan inovasi baru dalam modifikasi car audio OEM Style. Setelah 2-way OEM style untuk staging depan dan belakang, kali ini 3-way yang terinspirasi audio OEM mobil mewah papan atas.

Pemilihan speaker menjadi hal yang krusial untuk mendukung konsep OEM style 3-Way, terlebih karena kuantitas untuk pekerjaan custom-nya bisa lebih banyak dibanding OEM style 2-Way. 

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Untuk mendukung konsep tersebut, speaker berkualitas tinggi tentunya diperlukan, namun yang lebih penting adalah ukurannya, terutama magnet.

“Semua speaker bisa, asal magnetnya kecil, jangan terlalu tebal. Selama magnet-nya kecil bisa.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui tim soundandmachine.com di gerainya (10/10/2023).

Baca Juga:
Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

Focal menjadi salah satu andalan Cartens Autosound ketika upgrade audio OEM 3-Way mobil milik pelanggan.

Baca Juga:
Ada Lagu Baru di Tahun 2024, Car Audio Network Kembali Gelar Training Regulasi dan Penjurian

Seperti upgrade audio OEM Style 3-Way di Toyota Fortuner milik salah satu pelanggan, dengan speaker Focal Flax PS 165 F3E untuk staging depan dan Focal Elite K2 Power KX3 untuk staging belakang.

Secara spek, speaker untuk staging belakang lebih tinggi dibanding untuk penumpang depan. Alasannya, “Owner lebih suka disetirin, jadi lebih banyak disupirin. Belakang kita fokuskan.” kata Edy.

K2 Power KX3 memiliki woofer berdiameter 6,5 inci dengan kedalaman 75,9 mm, midrange berdiameter 3 inci dengan kedalaman 33,5 mm, dan tweeter berdiameter 2,3 inci dengan kedalaman 12,3 mm.

Sementara Focal Flax PS 165 F3E memiliki woofer berdiameter 6,5 inci dengan kedalaman 77 mm, midrange berdiameter 3 inci dengan kedalaman 33,5 mm, dan tweeter berdiameter 2 inci dengan kedalaman 8,5 mm.

Woofer dari kedua speaker Focal tersebut diameternya sama dan memiliki kedalaman berbeda yang diantaranya dari magnet, tetapi bisa dipasang di balik door trim OEM Fortuner. 

Berdasarkan konsep Cartens Autosound, midrange tersebut dipasang secara custom, baik untuk staging depan maupun belakang. 

Terutama staging depan, diameter 3 inci cukup menunjang tampilan OEM style karena ubahannya membuat pilarnya hanya sedikit menonjol jika dibandingkan dengan cover pilar OEM-nya.

Tweeter hanya perlu pasang di rumah tweeter OEM-nya untuk staging depan, tetapi untuk staging belakang dilakukan secara custom mengikuti midrange-nya.

Dengan ukuran seperti ini, Focal jelas menjadi rekomendasi untuk yang ingin mendapatkan kualitas suara terbaik, namun memiliki tampilan layaknya pabrikan. (Joule)