Spek Kompetisi untuk Daily, Niki Motor Upgrade Audio Ford Fiesta Andalkan Seri Tertinggi Hertz

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 24/Des/2023 16:00 WIB
Ford Fiesta dengan upgrade audio speaker seri tertinggi Hertz Mille Legend oleh gerai Niki Motor. Ford Fiesta dengan upgrade audio speaker seri tertinggi Hertz Mille Legend oleh gerai Niki Motor.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Produk car audio Hertz mungkin tidak sefamiliar merek lain ketika ingin upgrade audio dengan level sound quality (SQ) tinggi. Namun ada saja yang berminat upgrade audio SQ dengan level lebih serius, dengan speaker dan subwoofer Hertz.

Baca Juga:
Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

Salah satunya pelanggan Niki Motor yang tertarik upgrade audio level expert dengan speaker dan subwoofer Hertz Mille Legend, di Ford Fiesta miliknya, sehingga bisa menjadi referensi instalasi produk Hertz untuk upgrade tingkat tinggi.

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

“Itu seri tertingginya Hertz.” buka Tedy, Instalatur Niki Motor kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (6/12/2023).

Adapun speaker yang terpasang di Fiesta tersebut antara lain tweeter ML 280.3, midrange ML 700.3 Legend, dan woofer ML 1650.3 Legend.

Baca Juga:
Kecil-Kecil Cabe Rawit, Midrange Audison AP 2 Pas untuk Suara Lebih Detail di Kabin Belakang

Tweeter ML 280.3 memiliki ruang akustik belakang dengan pengoptimalan geometri Tetolome dome, serta bahan peredam untuk mencapai peningkatan volume keseluruhan sebesar 50 persen, serta memperluas respons ke frekuensi yang lebih rendah dengan resonansi 900Hz.

‚ÄčKemudian untuk midrange ML 700.3 Legend dilengkapi peningkatan geometri V-cone,magnet Neodymium, dan keranjang paduan aluminium anti-resonansi palang tiga dengan lubang berventilasi.

Berkat teknologi ini, serta Boundary Free Surround dengan emisi diameter dari 60 hingga 65 mm, midrange tersebut akan memberikan respons frekuensi rendah yang diperluas dan diredam dengan baik, karena komponen akan disaring terutama pada frekuensi rendah.

Woofer ML 1650.3 Legend dilengkapi dengan mobile voice coil sebesar 36 mm agar memiliki power handling besar namun tetap stabil meski sedang memutar lagu dengan banyak suara bas.

Selain itu, profil V-cone bekerja mencegah kerucut berubah bentuk selama pergerakannya, sehingga saat bekerja, pergerakannya berada pada posisi yang benar, sehingga memaksimalkan produksi tekanan akustik.

Sementara untuk subwoofer yang terpasang di bagasi yaitu ML 2500.3, memiliki ukuran sangat ringkas yaitu 8 inci, dan dapat bekerja optimal dalam boks yang kecil, sehingga mudah dipasang namun performanya tinggi, karena berkekuatan 1400 Watt dan impedansi 4 Ohm.

Untuk memaksimalkan performanya, Niki Motor memasang semua komponen tersebut secara custom, termasuk woofer yang membuatnya membongkar door trim untuk dudukan custom-nya.

Spek seperti ini bisa dibilang lazim di ajang kontes car audio, terutama karena pakai produk seri tertinggi, instalasi full-custom, dan komponen selain speaker dan subwoofer yang tergolong high end. 

Namun menariknya, mobil tersebut oleh pemiliknya hanya dipakai untuk harian saja. “Buat pakai daily. Ownernya memang minta pakai Mille Legend, bukan kita yang tawarin.cuma pengen pakai Hertz.” pungkas Tedy. (Joule)