Speaker Standar atau Modifikasi, Upgrade Audio Pakai DSP Audison Forza Bisa Jadi Solusi

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 03/Janu/2024 16:00 WIB
Lini produk Audison Forza dalam peluncuran di training digital sound processor (DSP). Lini produk Audison Forza dalam peluncuran di training digital sound processor (DSP).

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop (AWS) selaku distributor resmi produk car audio Audison di Indonesia meluncurkan produk digital sound processor (DSP) Audison Forza, pada tanggal 23 Maret 2023.

Selain memberikan kualitas prima, DSP Forza juga memberikan kemudahan dalam memitigasi sistem car audio OEM, yang akan menjadi salah satu pekerjaan para instalatur ke depannya, terutama untuk mobil premium dan itupun bisa berbeda setiap mobilnya.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Bisa saja tidak menyambungkan sistem OEM tersebut ke dalam sistem penggantinya, tetapi semakin hari, cara tersebut akan semakin sulit, karena banyak hal membutuhkan suara dari sistem OEM.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. AWS kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran yang berada di Swiss-Belinn Kemayoran, Jakarta (23/3/2023).

Setelah 9 bulan perilisannya di Indonesia, DSP Forza sudah dipasang di beberapa mobil oleh instalatur ternama di Indonesia untuk upgrade audio.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

BBS with Pengepul Mobil menjadi salah satu gerai audio pertama di Indonesia yang memasang DSP Forza, tepatnya AF M12.14 bit di Mercedes-Benz E300 Coupe milik pelanggannya.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

AF M12 merupakan DSP Audison Forza dengan 14-channel dengan total power RMS sebanyak 1.080 Watt, dan waktu itu dipasang sekedar membuat kualitas audionya lebih baik dengan koreksi fitur EQ bawaannya saja yang dikoreksi, tanpa mengganti speaker standar.

“Di beberapa prosesor lain tidak bisa dikoreksi dulu sebelum diolah keluar, kalau Forza semuanya bisa koreksi dulu, sampai kita setting keluar itu sudah kondisi flat.” jelas Susanto Cong, Instalatur BBS with Pengepul Mobil.

DSP Forza juga menjadi andalan gerai Final Inspection (FI) Audio, namun yang lebih menjadi andalan antara lain seri AF C8.14 bit, dengan 14-channel dan total power RMS sebanyak 800 Watt.

AF C8.14 bit menjadi salah satu andalan FI Audio dengan speaker yang sudah dimodifikasi, baik sekedar untuk harian maupun sampai tingkat kompetisi, seperti di BMW Seri-5 milik salah satu pelanggannya.

“Simpel, ukuran kecil, untuk kebutuhan harian, biasanya cukup untuk semua sistem. Ukuran kecil, tenaga besar, untuk hari-hari memudahkan instalasi.” buka Adhika Rusly, Instalatur FI Audio.

DSP Forza juga menjadi andalan PT, AWS dalam pembuatan mobil demonya yaitu di Toyota Voxy, dan dipakai ketika mendukung dealer yang mengadakan Demo Day.

Setidaknya sudah 3 demo day Voxy tersebut hadir sebagai mobil demo untuk ditunjukkan ke pelanggannya, dan DSP Forza yang dipakai merupakan seri AF M5.11 bit, dengan 11-channel dan total power RMS 1.200 Watt untuk drive sistem 3-way-nya.

“Sebagai driver untuk tweeter, jadi di pilar A ada tweeter dan midrange.” kata Fahrul Supangkat dari PT. AWS.

Jadi seperti inilah referensi instalasi DSP Forza, mulai dari untuk drive speaker yang masih standar maupun modifikasi kelas tinggi. (Joule)