DSP 8-Channel High Level Alpine PXE-C80-88, Solusi Tepat Upgrade Audio Cepat

  • Oleh : Julfikri

Senin, 08/Janu/2024 10:00 WIB
Digital Sound Processor (DSP) Alpine PXE-C80-88 Optim 8 di perhelatan Alpine Day. Digital Sound Processor (DSP) Alpine PXE-C80-88 Optim 8 di perhelatan Alpine Day.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Digital Sound Processor (DSP) merupakan salah satu perangkat penting dalam upgrade audio, sekaligus bisa menjadi solusi cepat mengingat sistem tersebut bekerja sebagai ‘otak’ dari sistem.

Salah satunya produk DSP 8-channel Alpine buatan Jepang yang baru-baru ini masuk Indonesia, yaitu Alpine PXE-C80-88, atau biasa disebut sebagai OPTIM (Operate, Time Domain, and Magnitude) 8 sebagaimana nama dari teknologi 8-channel high level-nya.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Misalnya mobil Jepang kita bisa gunakan 8-channel depan-belakang, sama subwoofer, masih sisa dua. Ini bisa menjadi solusi paling cepat untuk kita mendapatkan hasil suara berkualitas untuk sistem audio.” jelas Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound selaku dealer resmi Alpine kepada SoundandMachine.com di Oakwood Suites Barito, Jakarta (25/11/2023).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Fitur unggulan yang menjadi poin utama Optim 8 adalah 8-channel high level, kemampuan tuning via komputer atau aplikasi di smartphone, audio playback high-resolution, dan bluetooth / coaxial / USB sebagai digital audio controller.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Optim8 memiliki fitur berupa automatic sound tuning yang memungkinkan penyesuaian suara secara otomatis. Menariknya, fitur tersebut bisa digunakan melalui smartphone seperti iPhone untuk input EQ, sekaligus test tone.

“Dia bisa kita gunakan mikrofon dari aplikasi hanya menggunakan iPhone, dia kita gunakan sebagai input EQ. Kita nyalakan test tone, sweeping, 3 posisi depan, bawah, saat duduk biasa, sama belakang, nanti dia baca curving-nya. Jadi dia mendapatkan acoustic curve yang digunakan di mobil itu.” kata Edy.

Selain itu, Optim 8 juga dilengkapi fitur Anti-EQ yang berfungsi menghilangkan kurva EQ dari audio system bawaan pabrik, tanpa distorsi dari sistemnya.

“Head unit gak bisa diganti, kita pasang Optim8 untuk drive. Kita gunakan anti-EQ, output dari Porsche-nya itu sudah dapat EQ. Kita mengeluarkan frekuensinya normal kembali, tanpa EQ, jadi baru masuk ke sistem baru kita bisa setting kembali.” jelas Edy.

Dengan demikian, Optim 8 bisa menjadi solusi cepat untuk pemilik mobil yang ingin upgrade audio simpel. 

Namun berhubung 8-channel, pemilik harus mengetahui mobil apa saja yang memungkinkan upgrade audio dengan DSP tersebut, terutama apabila tidak ingin ganti speaker standarnya.

“Sebenarnya sudah diset buat pemakaian semua mobil, cuma channel-nya aja masih 8-channel. Jadi beberapa mobil yang premium 12-channel gak bisa, tapi kalau untuk Porsche 6 dan sub masih bisa.” pungkas Edy. (Joule)