Mulai Ekspansi Pasar Asia, Pabrikan Otomotif Vietnam Vinfast Segera Hadir di Indonesia

  • Oleh : redaksi

Senin, 08/Janu/2024 16:00 WIB
Salah satu lini mobil dari pabrikan asal Vietnam Vinfast, yaitu Vinfast VF 7. (sumber: Vinfast) Salah satu lini mobil dari pabrikan asal Vietnam Vinfast, yaitu Vinfast VF 7. (sumber: Vinfast)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Vietnam merupakan salah satu negara ASEAN yang baru-baru ini memiliki pabrikan otomotif, tepatnya sejak tahun 2017, yaitu Vinfast dari perusahaan konglomerasi Vingroup.

Vinfast berasal dari kata Việt Nam atau Vietnam sebagai negara asal, Phong cách yang berarti “gaya” dan “Ph” dieja sebagai “F”,  An toàn yang artinya “keselamatan”, Sáng tạo atau kreatifitas, dan Tiên phong atau Pionir.

Baca Juga:
Ada Unit Test Drive-nya, Ini Dia Sederet Mobil Listrik Baru yang Akan Hadir di Pameran PEVS 2024

Setelah merambah ke berbagai negara yaitu Eropa, Amerika Serikat, dan Australia, mulai tahun 2024 Vinfast akan merambah ke berbagai negara di Asia diluar Vietnam, salah satunya Indonesia.

Dikutip dari Reuters, Vingroup sebagai induk perusahaan akan investasi sebesar 1,2 Miliar USD untuk eksistensi di Indonesia, salah satunya membangun fasilitas utama ketiga setelah Vietnam dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

Meskipun belum ada website resmi Vinfast Indonesia, Vinfast juga dikabarkan sudah membuat akun Instagram dealer yaitu vinfastdepok dari PT. Gallerie Setia Utama, dan di salah satu postingan tersebut disebut dealer pertama yang diduga akan beroperasi di Indonesia.

Baca Juga:
Segera Digelar, Ini Sederet Pabrikan Mobil Listrik yang Akan Ramaikan Pameran PEVS 2024

“Showroom pertama kami yang akan mulai beroperasi untuk wilayah Jabodetabek, yaitu Margonda Depok, Radio Dalam, dan PIK.” tulis akun vinfastdepok dalam Instagram-nya (30/12/2023).

Vinfast dikabarkan akan hadir di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diadakan pada tanggal 15-25 Februari 2024.

Akan tetapi sampai berita ini dipublikasikan (8/1/2024 pukul 16.00 wib) belum mendapat konfirmasi dari pihak penyelengara IIMS. 

Saat ini, Vinfast sudah memproduksi 6 lini mobil listrik yaitu VF 5, VF 6, VF e34, VF 7, VF 8, dan VF 9. Selain itu, juga 4 lini mobil bermesin pembakaran dalam, yaitu Fadil, LUX A2.0, LUX SA2.0, dan President.

Siap-siap, kedatangan merek mobil baru (lagi). (Tim Redaksi)