Intip Spesifikasi MG 4 EV Rakitan Indonesia, Banyak Fitur Canggih Tapi Harganya Terjangkau

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 11/Janu/2024 18:00 WIB
Mobil listrik MG 4 EV rakitan Indonesia. Mobil listrik MG 4 EV rakitan Indonesia.

SoundandMachine.com (Jakarta) - MG Motor Indonesia telah resmi memasarkan mobil listrik rakitan lokal atau Completely Knock Down (CKD), yaitu MG 4 EV, pada tanggal 10 Januari 2024 di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Dengan dirakit di Indonesia, 4 EV menjadi salah satu paling terjangkau di kelasnya, karena berada di rentang Rp. 400 jutaan.

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

“Kehadiran MG 4 EV buatan dalam negeri merupakan dedikasi MG untuk menghadirkan teknologi di Indonesia. Diproduksi sesuai standar global dan mencerminkan komitmen MG terhadap sektor otomotif tanah air.” buka Arief Syarifudin, Marketing and Public Relation Director MG Motor Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran yang berada di Ritz Carlton Pacific Place (10/1/2024).

Baca Juga:
Wuling Ajak Komunitas Lihat Langsung Mobil Listrik Cloud EV di IIMS 2024. Begini Impresinya

Dengan konsep energetic agile, eksterior 4 EV terlihat berkarakter performa tinggi serta futuristis, dari lekukan serta detail seperti roof spoiler.

Baca Juga:
Biaya Perawatan Lebih Hemat, Wuling AirEV dan BinguoEV Dapat Promo Extensive Free Maintenance

Kesan futuristis juga sampai pada interior, tepatnya desain dasbor, namun jok depan sayangnya dari segi karakter kurang futuristis ataupun high performance seperti tampilan eksterior.

Sisi performa 4 EV tentu ada di dapur pacunya, yaitu motor listrik berpenggerak belakang bertenaga 170 PS dan torsi 250 Nm yang mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km per jam dalam waktu 7,7 detik.

Selain itu kemampuan mengisi baterai dari 10 ke 80 persen dalam waktu 35 menit, dan daya jelajah sejauh 425 km.

4 EV mengusung teknologi tata letak baterai Rubik Battery Technology untuk handling dan kabin lapang, karena baterai seperti ini membuat lantai menjadi rata.

“MG 4 EV menggunakan teknologi baterai Rubik Cube dengan distribusi berat 50:50 dan untuk kontrol responsif.” jelas Arief.

Tentunya 4 EV dilengkapi technology network i-Smart yang membantu pemilik memantau kendaraannya melalui smartphone, seperti melacak posisi kendaraan, menghidupkan motor listrik, dan sebagainya.

Namun yang paling penting adalah 4 EV dilengkapi fitur keselamatan aktif Advanced Driving Assist System (ADAS), dan struktur bodi yang keduanya berkontribusi rating tertinggi uji keselamatan Eropa Euro NCAP.

Sekedar informasi tambahan, bagaimana fitur ADAS bekerja dan mobil mengalami benturan menjadi penilaian dalam penentuan rating uji keselamatan Euro NCAP.

Dengan spesifikasi seperti ini, 4 EV dibanderol dengan harga Rp. 433 juta, yang bisa dibilang menjadi salah satu mobil listrik paling terjangkau termasuk dari segi price to performance, bahkan lebih terjangkau dari mobil hybrid sekalipun. (Joule)