Gali Potensi Instalatur Baru, Dominations Audio Adakan Car Audio Installer School Part 1

  • Oleh : redaksi

Jum'at, 12/Janu/2024 10:00 WIB
Suasana Dominations Car Audio Installer School di Ibis Style Sunter Jakarta. Suasana Dominations Car Audio Installer School di Ibis Style Sunter Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Audioworkshop (AWS) selaku pemegang brand Dominations Audio mengadakan pelatihan untuk para instalatur baru dan pemula,  juga pehobi modifikasi audio mobil, yaitu Car Audio Installer School Part 1 di Hotel Ibis Styles Jakarta Sunter.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Pelatihan tersebut terdapat dua sesi dengan pembahasan materi yang berbeda, dan untuk Part 1 diadakan pada tanggal 10 Januari 2024 dan Part 2 pada tanggal 5 Februari 2024, serta dilatih oleh pakar car audio Wahyu Tanuwidjaja dan instalatur dari gerai Bestbuddyshop Surabaya, Robert William.

“Tujuannya kita mau cari bibit-bibit baru dari konsumen jadi toko, dari hobbyist jadi toko. Bali ada generasi kedua, Tulungagung generasi kedua, Semarang generasi kedua, jadi mereka umur 26 takeover usaha bapaknya.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Trainer Car Audio Installer School kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (10/1/2024).

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Adapun materi yang dibahas di sesi pertama adalah Loudspeaker 101, yang terdiri dari konstruksi speaker, T/S parameter, in-depth frequency response / phase, dan fundamental crossover.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Dalam pelatihan tersebut, Wahyu Tanuwidjaja sebagai pakar car audio dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, berperan sebagai pelatih senior atau trainer untuk hal lebih teknis.

Sementara Robert William dari latar belakang instalatur gerai BestBuddyShop Surabaya, berperan sebagai pelatih muda berusia 26 tahun sebagai jembatan komunikasi untuk peserta muda.

Sekedar informasi tambahan, Car Audio Installer School Part 1 ini banyak dihadiri oleh kaum muda yang tertarik dengan dunia modifikasi car audio, yang diantaranya sudah diposisikan sebagai penerus usaha modifikasi car audio milik orangtuanya.

“Kali ini regenerasinya bukan hanya di peserta. Saya proyeksikan dia (Robert William) jadi trainer. Kita perlu trainer baru. Ke depan dia harus bisa ngajar. Yang simpel-simpel dulu. Training berikutnya saya ajak dia lagi.” jelas Wahyu.

Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut mendapat benefit berupa praktek langsung, beasiswa sampai 100 persen untuk kalangan tertentu, dan gratis subwoofer ES No. 12 Exzibit apabila melakukan pembelian harga normal.

“Kesempatan untuk bekerja diluar negeri untuk orang yang mempunyai kemampuan di bidang otomotif. Sekarang Malaysia kesulitan manpower dalam bidang expertise ini," tambahnya.

Disebut Wahyu, Hongkong dan Taiwan juga mengalami kesulitan yang sama. "Bahkan salah satu dealer kita, saya sudah usahakan untuk berangkat ke Australia jadi installer. Cuma dia mentok di Bahasa Inggris.” ungkapnya.

Dengan diadakannya pelatihan tersebut, diharapkan menjadi prospek bagi peserta, salah satunya adalah lapangan pekerjaan hingga menjadi tenaga ahli di bidang instalasi car audio.

Rencananya pelatihan ini akan diadakan di institusi pendidikan, seperti sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi atau universitas. 

“Saya lihat sampai setelah sesi masih banyak yang bertanya-tanya. Antusiasmenya bagus, yang muda-muda gak sungkan untuk bertanya.” pungkas Robert William, Co-Trainer Car Audio Installer School Part 1 ini.

Berikutnya, Car Audio Installer School Part 2 siap digelar di lokasi yang sama, pada tangga 5 Februari 2024 mendatang. Siap-siap! (Tim Redaksi)