Tokyo Auto Salon 2024: Toyota GR Yaris Dapat Improvisasi, Ada Peningkatan di Dua Aspek

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 13/Janu/2024 10:00 WIB
Toyota GR Yaris 2024 facelift (sumber: Toyota) Toyota GR Yaris 2024 facelift (sumber: Toyota)

SoundandMachine.com (Jepang) - Toyota Motor Corporation telah resmi memperkenalkan perubahan minor untuk lini sport hatchback-nya yaitu Toyota GR Yaris, pada tanggal 12 Januari 2024 dalam perhelatan Tokyo Auto Salon di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Perubahan minor tersebut dibuat berdasarkan masukan para pelanggan yang selama ini menggunakan GR Yaris, terutama untuk dipacu dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

“Di ranah ajang endurace, reli, dan kejuaraan balap lainnya, mobil dirancang agar pengemudi fokus. Sangat penting bagi pengemudi agar dapat berakselerasi dan rasa aman dalam waktu bersamaan. Temanya kali ini adalah ‘Driver First.” Naohiko Saito, GR Yaris Development Chief dalam keterangan resmi (12/1/2024).

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

(sumber: Toyota)

Pertama dari desain bumper depan yang bukan hanya membuat penampilannya berbeda tetapi juga berefek pada performa, tepatnya pendinginan dengan jaring baja yang tipis dan ringan namun tetap kuat, mengingat GR Yaris banyak dipakai untuk motorsport.

Baca Juga:
Usung Nama Hilux, Toyota Rangga Concept Siap Diluncurkan di Indonesia Awal Tahun 2024

“Kami dengar dari beberapa pelanggan, satu hal yang menjadi feedback adalah mesin yang sulit dingin. Perubahan desain ini mengarah pada efisiensi pendinginan” kata Shigemi Mizuno, Development Assistant Chief Toyota GR Yaris Facelift.

Menariknya, bumper depan tersebut bagian bawahnya memiliki struktur baru yang dapat dipisahkan, sehingga membuatnya lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh benda terbang seperti batu selama kompetisi.

Meski demikian, perubahan desain eksterior GR Yaris Facelift tetap mengutamakan estetika, paling tidak agar lebih mudah dikenal., tepatnya di lampu belakang. “Memiliki impak dan membuat orang mengetahui itu GR Yaris dimanapun dan kapanpun mereka melihatnya.” ungkap Kazuya Oshima, Pembalap yang juga dilibatkan dalam pengembangan GR Yaris Facelift.

(sumber: Toyota)

Interior juga mengalami perubahan pada desain dasbor, seperti panel instrumen, bagian tengah, posisi tuas transmisi dan bentuk kisi-kisi AC. Meski terlihat nyeleneh, ternyata desain dasbor seperti ini sangat terkait dengan fungsi dalam improvisasinya.

(sumber: Toyota)

“Kami mendesain agar tombol pengoperasian bisa pas di sekeliling kokpit dan bisa dijangkau ketika pengemudi sedang mengenakan seatbelt 4-titik. Tantangannya adalah memposisikan sistem navigasi agar menghadap ke wajah pengemudi.” kata Manami Nakamura, Desainer Interior GR Yaris Facelift.

Postur berkendara telah diimprovisasi dengan menurunkan posisi mengemudi sebesar 25 mm, menyesuaikan posisi setir, jarak pandang ke depan telah diperluas dengan memindahkan kaca spion ke bagian atas kaca depan, dan menurunkan tepi atas cluster tengah sebesar 50 mm.

Untuk rasa berkendara lebih baik saat dipacu dengan kecepatan tinggi, sasis GR Yaris dibuat lebih kaku dengan menambah baut pengencang sokbreker ke bodi dari 1 menjadi 3 baut, titik pengelasan sekitar 13% dan memperluas area perekat struktural sekitar 24%.

Mesin masih 1.600 cc 3-silinder turbo, akan tetapi tenaganya ditingkatkan dari 272 PS menjadi 304 PS, begitu juga torsinya dari 370 Nm menjadi 400 Nm dengan transmisi manual 6-percepatan, dan untuk pertama kalinya tersedia transmisi otomatis 8-percepatan.

(sumber: Toyota)

Transmisi otomatis 8-percepatan tersebut benar-benar dirancang dengan konsep motorsport, melalui sistem yang dioptimalkan juga secara cermat mendeteksi cara pengemudi menginjak rem dan mengoperasikan pedal gas. 

Meski demikian, tentunya transmisi tersebut memiliki daya tahan dengan penggunaan material gesekan yang sangat tahan panas pada kopling pemindah gigi transmisi otomatis, sehingga lebih aman untuk pemakaian motorsport,

(sumber: Toyota)

Tak ketinggalan, GR Yaris dilengkapi 3 driving mode yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan antara Sport, Normal, dan Eco. Setiap modenya mempengaruhi tampilan layar, respon setir, respon gas, dan respon perpindahan untuk varian transmisi otomatis..

Improvisasi GR Yaris bisa dikatakan betapa dedikasinya Toyota dalam mengembangkan sebuah mobil yang berorientasi pada motorsport, baik dalam konteks performa maupun ketahanan..

“Improvisasi tanpa akhir telah dimulai dan akan dibuat terus berlanjut, Kami harap pelanggan akan mendukung kami layaknya kami menceritakan proses evolusi ini, dan membantu kami bersama-sama mengembangkan mobil menjadi lebih dinikmati.” pungkas Naohiko. (Joule)