Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 19/Janu/2024 10:00 WIB
Booth Mazda di Tokyo Auto Salon 2024. (sumber: Mazda) Booth Mazda di Tokyo Auto Salon 2024. (sumber: Mazda)

SoundandMachine.com (Jepang) - Mazda Motor Corporation (Mazda) berpartisipasi dalam perhelatan modifikasi Tokyo Auto Salon pada tanggal 12-14 Januari 2024 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Dalam pameran di Tokyo Auto Salon 2024, Mazda menghadirkan sejumlah mobil modifikasi yang inovatif dan mengarah ke balap atau motorsport.

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Toyota GR Yaris Dapat Improvisasi, Ada Peningkatan di Dua Aspek

“Untuk membuat terobosan dalam tantangan era karbon netral, kami akan menggunakan berbagai sumber daya teknis yang melampaui berbagai metode mesin, teknologi periode pembakaran internal mutakhir, dan melatih diri untuk menggunakan model yang dikembangkan khusus.” buka Katsuhiro Moro, President and Chief Executive Officer Mazda Motor Corporation dalam keterangan resmi (12/1/2024).

Mazda menghadirkan 2 mobil balap endurance Jepang super Taikyu kelas ST-Q atau kelas tanpa posisi, yang akhir-akhir ini dimanfaatkan pabrikan untuk bereksperimen atau uji ketahanan dipacu dalam waktu lama, yaitu Mazda3 dan Mazda Roadster atau MX-5.

Baca Juga:
Mazda Power Drive 2023 Ajak Masyarakat Test Drive Lini Terbarunya, Termasuk Sportscar

(sumber: Mazda)

Baca Juga:
Pembaruan Mazda2 Tawarkan Varian GT, Tampil Lebih Sporti dan Tambah Fitur Safety

Mazda3 Bio Concept bermesin 2.200 cc Skyactiv-D (Diesel) dengan bahan bakar alternatif yang berbeda antara paruh pertama dan kedua seri ajang balap endurance Jepang Super Taikyu.

Untuk seri di paruh pertama akan menggunakan bahan bakar minyak nabati terhidrogenisasi oleh Euglena, dan untuk paruh keduanya akan menggunakan bahan bakar Diesel terbarukan yang sudah digunakan di negara Eropa dari perusahaan minyak asal Finlandia, Neste.

“Mendorong hingga batas dari teknologi ini, dan dalam waktu bersamaan kami akan mengambil tantangan untuk mengembangkan teknologi bahan bakar netral karbon, dengan bahan bakar lainnya, serta mengadopsi drivetrain baru.” kata Ikuo Maeda, Representative Mazda Spirit Racing.

(sumber: Mazda)

Selain Mazda3, Mazda juga menghadirkan mobil balap berbasis sportscar Mazda Roadster atau MX-5 bermesin bensin 2.000 cc Skyactiv-G, dengan bahan bakar netral karbon yang dikembangkan bersama Toyota dan Subaru.

“Tim pabrikan kami yang bergabung bersama Subaru, sedang bekerja dalam pengembangan industri ke depannya, sehingga kami bisa berpartisipasi dalam bidang demonstrasi dan eksperimen utama ini. Kami yakin akan menjadi aset yang sangat baik untuk pembuatan mobil ke depannya.” jelas Maeda.

(sumber: Mazda)

Mazda juga menghadirkan mobil balap kelas paling rendah Super Taikyu ST-5, yang bersifat mengejar posisi teratas, dengan peserta dari para juara ajang balap kelas Mazda di Jepang, seperti Roadster One Make Race.

Selain mobil balap, Mazda juga menghadirkan Mazda3 dan Roadster dengan modifikasi terinspirasi ajang Super Taikyu untuk pemakaian di jalan raya, sebagai bagian dari perkenalan brand divisi motorsport Mazda Spirit Racing.

(sumber: Mazda)

Untuk Roadster, Mazda lakukan improvisasi suspensi dan aerodinamika yang telah dikembangkan melalui aktivitas balap endurance Super Taikyu, serta tampilan interior dan eksterior agar sesuai dengan penyempurnaannya.

(sumber: Mazda)

Begitu juga Mazda3, suspensi dan aerodinamika diimprovisasi dengan pengembangan dari aktivitas balap Super Taikyu, serta tampilan interior dan eksterior agar sesuai dengan improvisasinya.

Aktivitas Mazda di Tokyo Auto Salon 2024 menunjukkan inovasi yang berorientasi motorsport untuk masa depan perusahaannya. (Joule)