Majukan Motorsport Indonesia, IMI Gelar Soft Launching Simulator Balap di Black Stone Garage

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 23/Janu/2024 18:00 WIB
Suasana area simulator balap PSatu di Black Stone Garage, Jakarta. Suasana area simulator balap PSatu di Black Stone Garage, Jakarta.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengadakan soft launching area simulator untuk disewa dan juga akademi digital motorsport yang dinaungi oleh PSatu, pada tanggal 20 Januari 2024 di Black Stone Garage, Jakarta.

Pembukaan area simulator PSatu di Black Stone Garage merupakan komitmen IMI dalam memajukan dunia motorsport di Indonesia, melalui digital motorsport academy-nya.

Baca Juga:
IIMS 2024: Laris Chandra Hadirkan Produk Perawatan dan Pewangi Kendaraan Terbaru

“PSatu ini sebenarnya bukan hanya untuk bermain simulator. Dari dulu punya akademi, namanya academy digital motorsport Indonesia.” buka Teuku Irvan Bahran, Kepala Akademi PSatu kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (20/1/2024).

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

PSatu bisa menjadi pintu pertama bagi para pecinta otomotif tepatnya balap yang tertarik untuk berpartisipasi di ajang motorsport dengan mobil sungguhan.

Pasalnya, PSatu menawarkan beragam kendaraan motorsport yang disimulasikan, seperti gokart, open top, hingga truck racing sekalipun.

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

“Langsung dibawah IMI dan trainer yang bersertifikat. Hasilnya mulai dari novice sampai expert dilatih bagaimana mengendarai mobil sampai kalau dia juga mau ikut kompetisi balap.” tambah Irvan.

PSatu dibuka sejak tahun 2019 lalu, dan sudah mencetak alumni yang berkarir di ajang motorsport dengan mobil sungguhan. Itu berarti terbukti bahwa digital motorsport academy bisa menjadi jembatan menuju pembalap dengan mobil sungguhan.

“Beberapa pembalap yang kita udah latih di 2019 dulu, itu sekarang sudah menjadi pembalap internasional. Artinya untuk memulai balap dari simulator sangat bagus, pertama biayanya murah, kedua teorinya jauh lebih banyak yang bisa diterapkan.” jelas Irvan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum IT dan Digital IMI.

Di area tersebut juga ada race control yang mengatur dan mengawasi jalannya balap, seperti ajang balap dengan mobil sungguhan di sirkuit.

Tentunya pengunjung juga bisa merasakan pengalaman motorsport melalui simulator, dengan menyewanya, dan untuk saat ini baru ada 6 mesin, dan nantinya akan ada 12 mesin.

Adapun biaya sewanya antara lain untuk weekdays satu jam pertama dikenakan biaya Rp. 150.000,- dan satu jam berikutnya menjadi Rp. 100.000,-. Sementara untuk weekend, satu jam pertama dikenakan biaya Rp. 200.000,-, dan satu jam berikutnya menjadi Rp. 150.000,-.

Sementara bagi Black Stone Garage selaku pengelola tempat, kehadiran PSatu menjadi sarana baru sebagai community hub otomotif, sehingga diharapkan bisa meramaikan lokasinya.

“Ini sebagai sarana baru di Black Stone Garage, harapan kami akan menjadi lebih ramai. Otomatis karena ada fasilitas akademi juga, jadi kita bisa develop atlet di sini. Simulator ini luas ya, bukan hanya komunitas otomotif, diharapkan dari komunitas lain bisa main simulator.” pungkas Djoko Iman, Direktur Utama Black Stone Garage. (Joule)