Konsisten Hadirkan Inovasi Baru Audio Mobil, Begini Kiprah Focal Indonesia Selama Tahun 2023

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 26/Janu/2024 18:00 WIB
Produk car audio Focal yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2023. (sumber: Focal) Produk car audio Focal yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2023. (sumber: Focal)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Meski sudah menjadi produk unggulan, Focal konsisten menghadirkan inovasi baru untuk para penggemar modifikasi car audio di Indonesia, melalui peluncuran produknya di tahun 2023.

Untuk tahun 2023, Focal menghadirkan sejumlah produk baru yang memikat para penggemar modifikasi car audio berkat inovasi dari produknya.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Pertama, Focal meluncurkan speaker K2 Power M pada tanggal 20 Mei 2023 lalu, dengan profil "M" untuk respons frekuensi serta dispersi suara lebih baik, dan juga mengurangi kedalaman driver speaker.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

“K2 merupakan produk legendaris kami selama lebih dari 20 tahun. Biasanya legenda hidup merupakan yang terbaik. Untuk membuat legenda hidup lebih baik, kami harus membuatnya dengan inovasi baru untuk produk ini, tidak bisa seperti yang ada di pasaran.” buka Mikey Tang, Business Developer Focal Asia-Pacific kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (20/5/2023). 

Kombinasi dengan TMD Surround, progressive spider dan beberapa item lain membuatnya mampu menghasilkan suara High-Fidelity murni dan musikal yang sensasional. 

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Namun yang tidak kalah penting, tweeter FRAK-nya memiliki kerucut Aluminium/Magnesium profil "M" dan berbagai teknologi yang dipatenkan, untuk frequency handling yang unik dan kapabilitas sebuah full-range. 

Profil “M” tersebut juga diterapkan di produk subwoofer pasif, yang membuatnya memiliki respon frekuensi 35 Hz-250 kHz dan power 200-400 Watt, dengan dimensi sangat kompak, yaitu diameter 145 mm dan kedalaman 69 mm.

Bersamaan dengan K2 Power M, Focal juga meluncurkan speaker lini OEM Focal Inside, yang kali ini khusus mobil Porsche terbaru yaitu Focal P60, dengan nama berasal dari usia 60 tahun lini legendarisnya, yaitu Porsche 911.

“Ini merupakan yang spesial untuk Focal Inside, karena kami membutuhkan flagship. Kenapa Porsche? Karena tahun ini mobil Porsche 911 menginjakkan usianya yang ke-60.” buka Yann Canoine, Business Development for Focal Inside lini Focal-JMLab.

Komponen Focal Inside P60 terdiri dari 2 woofer, 3 midrange, dan 2 tweeter yang ketiganya dibuat seperti produk flagship Focal.

“Speakernya spacer aluminium dan W-Cone seperti Focal Utopia. Tweeter-nya Beryllium tapi bukan yang biasanya (Focal Be).” tambah Yann.

Di luar konteks car audio, dimensi packaging Focal P60 dirancang pas dengan bagasi Porsche 911 terbaru yang berada di depan, sementara mesinnya berada di belakang.

Ketika pertama rilis di Indonesia, 7 dari 911 set Focal P60 sudah ditangan pelanggan dari Indonesia, dan gerai Sterindo Autosound menjadi pelanggan terbanyak, dan diantaranya dipasang di mobil selain Porsche.

(sumber: Focal)

Inovatifnya tweeter FRAK membuat Focal menerapkannya di generasi terbaru K2 Power yang diluncurkan secara global pada tanggal 31 Oktober 2023.

Ditandai dengan penambahan huruf “E” pada serinya, speaker tersebut kini dilengkapi tweeter yang sangat berefek pada perubahan kualitas suara. 

”Perbedaan maximum power karena dia  menggunakan tweeter baru.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop (AWS) selaku distributor Focal.

Namun yang lebih menariknya adalah, K2 Power generasi baru sudah lebih dulu diperkenalkan di Indonesia, sebelum peluncurannya secara global.

“Ini terjadi karena kita punya order untuk KX3 lama, demikian banyaknya, publik sudah tidak punya, akhirnya mau tidak mau kirim. KX3 lama udah gak ada. K2 Power M itu line-up terbesar, tapi KX3 lama akan menjadi ini.” jelas Wahyu.

Inovasi menjadi salah satu kunci sukses mengapa Focal begitu diminati oleh penggemar car audio di Indonesia di tahun 2023, khususnya dengan budget menengah ke atas. Jadi jangan heran jika nanti ada lini Focal yang di Indonesia sudah lebih dulu diperkenalkan dari globalnya. (Joule)