Kecil-Kecil Cabe Rawit, Midrange Audison AP 2 Pas untuk Suara Lebih Detail di Kabin Belakang

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 27/Janu/2024 12:00 WIB
Midrange Audison AP 2 MV yang terpasang di kabin baris belakang Honda HR-V garapan gerai Cartens Autosound. Midrange Audison AP 2 MV yang terpasang di kabin baris belakang Honda HR-V garapan gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Untuk mendapatkan suara lebih detail, upgrade audio untuk penumpang baris belakang memiliki tantangan berbeda jika dibandingkan dengan untuk penumpang di baris depan, termasuk pengemudi.

Pasalnya, upgrade audio untuk penumpang belakang pilihannya bisa menambah midrange di dekat tweeter seperti OEM style 3-way, atau di belakang jok penumpang belakang yang jatuhnya sebagai surround, seperti yang dilakukan oleh gerai Cartens Autosound.

Baca Juga:
Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

“Biar surround berasa, belakang juga dapat, jadi totalitas buat all-seat berasa.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com saat ditemui di gerainya. (13/1/2024).

Baca Juga:
OEM-nya Unik, Speaker 2-Way Hertz K 130 Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro Mercedes 280 GE

(sumber: Audison)

Untuk komponen yang dijadikan sebagai surround, Audison AP 2 MV menjadi salah satu midrange pilihan gerai Cartens Autosound. “Karena kecil, compact, bisa dibikin add-on, suaranya juga bagus.” tambah Edy.

Baca Juga:
Konsisten Hadirkan Inovasi Baru Audio Mobil, Begini Kiprah Focal Indonesia Selama Tahun 2023

Dengan ukuran 50 mm, AP 2 MV memiliki parameter elektroakustik yang sangat baik sehingga ideal untuk digunakan sebagai midrange dalam sistem 3-way, speaker surround, atau sebagai center di penempatan OEM.

AP 2 MV bisa memancarkan seluruh spektrum frekuensi dengan sendirinya, untuk menciptakan panggung virtual dengan koherensi fase absolut, memastikan pemandangan akustik luas terkonsentrasi di sisi atas dasbor. 

Distorsi AP 2 MV yang sangat rendah dan tidak adanya titik crossover di rentang mid-high juga memberikan pengalaman mendengarkan yang natural dan menyenangkan. 

AP 2 juga dirancang mampu memaksimalkan kinerja elektroakustik untuk aplikasi OEM pada umumnya. 

Frekuensi resonansi 145 Hz, nilai yang sangat rendah untuk loudspeaker 50 mm (2 in.), diperoleh berkat penggunaan kumparan suara 25 mm (1 in.), memastikan ekstensi terkontrol pada frekuensi rendah untuk titik optimal crossover dengan woofer. 

Kerucut aluminium, dikombinasikan dengan ring tembaga pendek yang meratakan impedansi, membuat respon frekuensinya dapat diperpanjang hingga 20 kHz. 

Kelompok magnet khusus yang dibuat dengan magnet Neodymium simetris ganda juga berkontribusi untuk mencapai perluasan luar biasa ini pada frekuensi tinggi dengan tetap mempertahankan dimensi yang sangat kompak.

Konfigurasi elektroakustik ini menghasilkan respons frekuensi sangat luas, berkisar dari 150 Hz hingga 20 kHz, membuat AP 2 MV pas untuk dijadikan surround.

Cartens Autosound sudah memakai AP 2 MV di berbagai jenis mobil pelanggannya, terutama untuk mobil tanpa buntut antara SUV dan MPV.  Agar hasil maksimal, instalasi surround membutuhkan pekerjaan custom untuk dudukan midrange dan arah menghadapnya. (Joule)