Tunjukkan DNA Motorsport, Subaru Indonesia Sponsori Ajang Kejuaraan Drifting dan Pembalapnya

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 10/Feb/2024 12:00 WIB
Subaru Indonesia telah resmi mensponsori ajang drift Indonesian Drift Series dan mensponsori salah satu drifternya. Subaru Indonesia telah resmi mensponsori ajang drift Indonesian Drift Series dan mensponsori salah satu drifternya.

SoundandMachine.com (Tangerang) - Bicara pabrikan otomotif asal Jepang yaitu Subaru, tidak lepas dari motorsport dan itu juga yang membuat brand-nya dikenal para petrolhead atau penggemar otomotif di berbagai negara karena kiprahnya.

Berawal dari partisipasi Noriyuki Koseki dan Ryuichiro Kuze dengan  di ajang Baja 500 di Amerika Serikat pada tahun 1971 dengan sedan mungil Subaru FF-1. Meski awalnya sempat gagal, pada akhirnya bisa finish di Baja 500 mulai musim 1973 dengan Subaru Leone atau GL.

Baca Juga:
IIMS 2024: Laris Chandra Hadirkan Produk Perawatan dan Pewangi Kendaraan Terbaru

Kedua partisipan tersebut mendirikan divisi motorsport Subaru Tecnica International pada tahun 1988, yang kemudian meraih juara dunia di ajang World Rally Championship (WRC) hingga mengorbitkan pereli top Colin McRae, Richard Burns, dan Petter Solberg.

Pasca mundur dari WRC mulai tahun 2009, Subaru juga meraih beberapa prestasi di ajang motorsport seperti 3 kali juara Nurburgring 24 Hours kategori SP3T dan juara umum ajang balap GT Jepang Super GT kategori GT300 musim 2021.

Baca Juga:
Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

Kiprah motorsport seperti ini menginspirasi Subaru Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) untuk mendukung motorsport di Indonesia yaitu drifting, setelah diumumkan melalui konferensi pers pada tanggal 7 Februari 2024 di Flavour Bliss, Alam Sutera, Tangerang..

“Sejak kembalinya Subaru ke Indonesia, kami telah mempertimbangkan untuk motorsport. Dengan adanya masukan dari konsumen kami, teman-teman media, dan juga komunitas Subaru Indonesia Club, akhirnya kami memilih drifting sebagai cabang olahraga untuk memulai perjalanan Subaru ke Indonesia di dunia motorsport tanah air.” buka Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi konferensi pers (7/2/2024).

Baca Juga:
Terinspirasi dari Awan, Mobil Listrik Baru Wuling Cloud EV Lebih Nyaman untuk Jarak Jauh

Subaru Indonesia juga mensponsori perhelatan motorsport drifting Indonesian Drift Series (IDS) sepanjang musim 2024, salah satunya melalui penyediaan official car, safety car, dan unit test drive serta hospitality untuk para peserta dan pengunjung.

Bagi IDS, Subaru merupakan agen pemegang merek pertama yang mensponsori ajang seri kejuaraan drifting di Indonesia.

“Kita bisa melihat langsung kalau motorsport di Indonesia di-support sama APM, karena mungkin APM udah ada di cabang olahraga lain, tapi baru kali ini ada APM masuk ke dunia drifting.” jelas Akbar Rais, Founder IDS.

Selain itu, Subaru Indonesia juga mensponsori kejuaraan drifting khusus wanita Women Drift Championship, dimana semua pesertanya akan berlaga dengan Subaru BRZ keluaran terbaru.

Subaru Indonesia juga mensponsori salah satu drifter yaitu Ziko Harnadi, yang akan tampil dengan mobil drift berbasis Subaru BRZ terbaru.

“Kesempatan yang luar biasa bisa memodifikasi BRZ baru untuk drifting. BRZ itu kita modifikasi mulai dari kaki-kaki untuk drifting, bodykit, mesin kita akan upgrade, interior kita pasang rollbar. Harapannya target utama kita jadi champion. Mobil ini kompetitifnya besar.” kata Ziko Harnadi, Drifter.

Sponsorship Subaru Indonesia untuk drifting bisa dikatakan menunjukkan ketegasan DNA motorsport dari brand-nya, sehingga sejalan dengan visinya sebagai pabrikan dimana antusiasme menjadi salah satu pilar utama eksistensinya di Indonesia. 

“Basically kita pengen tap in ke motorsport-nya cukup niat, jadi memang kita akan terus bareng dengan IDS.” pungkas Ismail Ashlan, General Manager Marketing & PR Subaru Indonesia. Salam ngepot! (Joule)