Instalasi Multifungsi, BestBuddyShop Upgrade Audio Toyota Land Cruiser Full Alpine F1 Status

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 14/Feb/2024 16:00 WIB
Toyota Land Cruiser dengan upgrade audio Alpine F#1 Status garapan BestBuddyShop Sunter. Toyota Land Cruiser dengan upgrade audio Alpine F#1 Status garapan BestBuddyShop Sunter.

SoundandMachinecom (Jakarta) - BestBuddyShop (BBS) Sunter kembali mendapat pelanggan yang ingin memasang satu set penuh Alpine F#1 Status, dengan mobil dan juga instalasi berbeda dari proyek sebelumnya.

Alpjne F#1 Status merupakan audio system flagship Alpine dengan resolusi tertinggi di dunia, yaitu 384 kHz/32 bit. 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Audio system tersebut umumnya hanya dijual satu set, yang terdiri dari head unit plus B.Box, digital audio player, tweeter, midrange, woofer, subwoofer, digital sound processor, dan power amplifier.

Jika sebelumnya Alpine F#1 Status tersebut dipasang di Lexus RX 300 dengan instalasi full custom, kali ini di Toyota Land Cruiser dengan instalasi relatif mengikuti OEM.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Meski kiblatnya lebih ke OEM, proses custom pilar A tetap dilakukan, akan tetapi untuk pemasangan tweeter-nya saja, sementara pemasangan midrange di ujung dasbor.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Di RX 300 kita bikin custom pilar A, di mobil ini owner minta supaya gak terlalu rame di pilar A (midrange) di-install di ujung dasbor. Midrange di posisi OEM, tapi kita custom sedikit supaya suaranya lebih bagus.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS Sunter kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya. (13/12/2023).

Kemudian untuk woofer, dilakukan proses custom doortrim seperti di RX 300 untuk memaksimalkan performa komponennya, namun tetap dibuat rapi layaknya OEM.

Namun yang paling terlihat perbedaannya ada di sektor bagasi, dimana instalasi boks untuk perangkat tersebut hanya mengorbankan jok baris ketiga sisi kanan saja.

“Sebenarnya kalau dia mobil ini bawa penumpang sampai baris kedua, dan di bagian bagasi bawa koper dan segala macam. Ini volume bagasi tidak ada yang berkurang.” jelas Afung, sapaan akrab Susanto Cong.

Adapun perangkat yang di-instalasi di area bagasi antara lain, 1 subwoofer, 2 buah power amplifier, dan 1 digital sound processor, sesuai setnya. Menariknya, boks tersebut dibuat agar komponennya terlihat, sehingga ada unsur estetika, terutama ketika di malam hari.

Dengan instalasi boks seperti ini, terbukti masih bisa muat barang banyak ketika dilakukan serah terima ke pelanggan, dimana semua packaging kompnen dan juga komponen standarnya dibawa.

Bagaimana dengan kiprahnya di kompetisi car audio? Ternyata tetap bawa pulang piala, yaitu peringkat 2 kelas SQ Pure Sound Unlimited dan peringkat 1 kelas President Cup dalam kompetisi European Mobile Media Association pada tanggal 20-21 Januari 2024 di Tokyo Riverside PIK2.

Berhubung ruang bagasinya masih luas, piala President Cup yang begitu besar bisa masuk ke bagasi Land Cruiser sebagaimana mestinya.

“Kita turun ke kontes ada target podium. Tapi bisa jadi champion bersyukur banget. Tentu setelan akan mengikuti kabin.” pungkas Afung. Bukan main. (Joule)