Lebih Mewah dari Alphard, Toyota Resmi Rilis All-New Vellfire di Pameran IIMS 2024

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 22/Feb/2024 10:00 WIB
Toyota resmi luncurkan generasi terbaru Vellfire di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Toyota resmi luncurkan generasi terbaru Vellfire di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

SoundandMachine.com (Jakarta) - PT. Toyota-Astra Motor (TAM) telah resmi berpartisipasi dalam pameran Indonesia International Motor Show (IIMS), yang diadakan pada tanggal 15-25 Februari 2024.

Dalam pameran IIMS 2024, Toyota meluncurkan generasi terbaru untuk MPV mewah yang pada dasarnya merupakan kembaran dari Toyota Alphard, yaitu Toyota Vellfire.

Baca Juga:
Semakin Gencar, Pabrikan Otomotif BYD Akan Buka Dealer Baru di Pondok Indah Jakarta Selatan

“Menggabungkan kenyamanan dan fitur-fitur canggih untuk setiap kebutuhan Anda, sekaligus memungkinkan Anda berkontribusi terhadap netralitas karbon.” buka Hiroyuki Ueda, President Director PT. TAM kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (15/2/2024).

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Toyota membedakan Vellfire dengan Alphard dari tampilan eksterior, tepatnya di gril, lampu depan, lampu belakang, dan tentunya emblem dan tulisan Vellfire.

Dilihat dari bagian belakang, terdapat tulisan “Executive Lounge” yang menandakan bahwa Vellfire tersebut masuk Indonesia dengan trim tertinggi.

Baca Juga:
Pabrikan Vietnam VinFast Berlakukan Sistem Sewa Baterai Kendaraan Listrik. Ini Keuntungannya

Interior dari segi bentuk sama seperti Alphard, hanya berbeda di warna jok serta material soft touch di dasbor, door trim, dan sebagainya. Jika Vellfire memakai warna terang, sementara Alphard berwarna gelap.

Berhubung trim ‘Executive Lounge’, Jok baris kedua merupakan perbedaan utama antara Alphard dan Vellfire untuk pasar Indonesia, dimana jok Vellfire berukuran lebih besar dan fiturnya lebih canggih dengan tombol pengoperasian lebih banyak.

Menariknya, Vellfire memiliki tombol pengoperasian jok dalam bentuk device berbentuk seperti smartphone dan bisa dicopot pasang, untuk fungsi tambahan seperti musik, pijat, dan sebagainya.

Selain itu, jok baris kedua Vellfire dilengkapi meja kecil serta kaca rias agar lebih nyaman beraktifitas seperti mengetik, makan atau minum, merias, dan sebagainya di perjalanan.

Dengan jok seperti ini tentunya akan membuat penumpang baris kedua lebih nyaman, akan tetapi tidak ada celah sama sekali diantara joknya, sehingga untuk akses jok baris kedua, jok baris kedua harus dimajukan terlebih dahulu.

Berbeda dengan Alphard dimana jok baris kedua tidak sebesar Vellfire dan masih ada celah untuk pindah ke baris ketiga, sehingga untuk aksesnya jok baris kedua tidak perlu dimajukan.

Menurut spesifikasi di website resmi Toyota Indonesia, Vellfire mendapat tuning suspensi “VIP Tune” yang berarti kenyamanan tersebut dibuat sampai ke engineering-nya.

Namun menurut spesifikasi di Toyota Global Newsroom, Toyota menambah front brace di rangka depan Vellfire agar lebih kaku, namun belum dikonfirmasi oleh PT. TAM.

Dapur pacu Vellfire sama seperti Alphard, yaitu mesin hybrid A25A-FXS 2.500 bertenaga 190 PS dan torsi 239 Nm. Akan tetapi untuk pasar Indonesia, Vellfire tidak tersedia mesin bensin non-hybrid seperti Alphard.

Sekedar informasi tambahan, di Jepang Vellfire tersedia mesin bensin non-hybrid T24A-FTS berkapasitas 2.400 cc turbo bertenaga 279 PS dan torsi 430 Nm yang disalurkan oleh transmisi otomatis torque converter 8-percepatan.

Dengan trim ‘Executive Lounge’, tidak mengherankan jika Vellfire dibanderol dengan harga Rp. 1.802.700.000,- lebih mahal dari Alphard tipe tertinggi yaitu hybrid dengan harga Rp. 1.670.000.000,-. (Joule)