Pakai Produk Termahal, Audio Plus Luncurkan Proyek Modifikasi Car Audio Toyota Land Cruiser

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 15/Mar/2024 16:00 WIB
Toyota Land Cruiser dengan upgrade audio hasil kolaborasi antara distributor Audio Plus Indonesia dengan gerai Yuro Auto. Toyota Land Cruiser dengan upgrade audio hasil kolaborasi antara distributor Audio Plus Indonesia dengan gerai Yuro Auto.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Distributor produk car audio PT. Audio Plus Indonesia meluncurkan proyek modifikasi hasil kolaborasi dengan gerai audio Yuro Auto, pada tanggal 14 Maret 2024 di Wang Plaza, Jakarta.

Proyek modifikasi bernama ‘Born to Conquer’ tersebut merupakan instalasi sejumlah produk top of the line dari brand PT. Audio Plus Indonesia yang berbeda, di Toyota Land Cruiser 200 lansiran 2007-2021 tersebut.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

“Apa yang membuat spesial dari ‘Born to Conquer’ ini menghadirkan ultra high-end car audio system. Jadi produk yang dipakai adalah termutakhir. Semuanya perangkat terbaru dan varian tertinggi yang ada di pasar saat ini.” buka Andreas Tjahjadi, Chief Executive Officer PT. Audio Plus Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi acara (14/3/2024). 

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Proyek tersebut digarap oleh gerai modifikasi car audio Yuro Auto sejak tahun 2021, dimana sang pemilik meminta untuk dipasangkan sejumlah perangkat car audio termahal.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Pertama, speaker yang diinstalasi di Land Cruiser tersebut adalah Accuton Automotive dengan Black Diamond Tweeter. Sementara untuk subwoofer, menggunakan Accuton Automotive AS250 dengan Sandwich Ceramic Dome.

“Accuton ini salah satu brand yang dipakai di Bugatti Chiron, mobil yang juga top of the line sportscar.” jelas Andreas.

Menariknya, speaker dan subwoofer Accuton warna midrange dan midbass-nya bukan warna putih, berbeda dari biasanya yang berwarna putih, karena special order dan pertama diterapkan di mobil.

Namun yang paling spesial ini adalah power amplifier-nya, yaitu 3 buah Audio Wave CR-401 dan 1 buah Audio Wave CR-201X, karena semuanya dibuat secara handmade dan hanya dilakukan oleh satu orang saja, yaitu Grant Hanan, sang pemilik Audio Wave Ltd.

“Seperti yang kalian lihat, semua komponen-komponen trafonya ini digulung dengan tangan sendiri. Jadi memakan waktu yang lama dan membutuhkan banyak kekuatan, jadi saya hanya bisa buat 20 dalam satu hari.” kata Grant Hanan, Pemilik Audio Wave Ltd.

Untuk perangkat lainnya, Land Cruiser tersebut menggunakan digital sound processor (DSP) high resolution Goldhorn P5 Ultra.

Sementara di sektor perkabelan menggunakan kabel speaker Tchernov Classic XS, Ultimate RCA Cable, Harmonic Harmony Concerto PC2 Power Cable, Harmonic Harmony Fuse, dan Harmonic Harmony Direct link.

Modifikasi car audio tersebut membuat bagian lain dari mobil tersebut harus dimodifikasi juga, terutama karena berdampak pada penambahan bobot sekitar 350-400 kilogram.

“Semuanya berangkat dari setup ini, karena penambahan bebannya cukup besar, kami lakukan upgrade big brake kit-nya karena remnya cukup besar kita lakukan juga upgrade di peleknya, karena wheels-nya besar kita tambahkan bodykit juga di sekujur bodinya semua.” kata Yudhi Ronald, Instalatur Yuro Auto.

Menariknya, perangkat tersebut semuanya memakai produk WALD, mulai dari bodykit, over fender, pelek, dan big brake kit, sehingga membuat penampilan layaknya mobil VIP atau bippu khas Jepang.

Melalui proyek ini, Audio Plus menunjukkan bahwa seperti inilah mobil jika dipasang perangkat yang semuanya tertinggi atau paling mahal di lini brand distributornya.

“Ini liga yang berbeda, dimana satu mobil ini habisnya seharga Land Cruiser 300. Kita mau menunjukkan kalau beli barang terbaik, paling bagus di pasaran, paling tinggi speknya, paling baru speknya, bisa jadi kayak apa ya gini. Sampai kabel pun yang paling tingginya.” pungkas Andreas. (Joule)