Pasar Otomotif Tinggi, Mazda Akan Bangun Pabrik Perakitan Kendaraan di Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Minggu, 17/Mar/2024 12:00 WIB
Seremoni peresmian proses pembangunan Pusat Perakitan Mazda, yang di gelar secara private di wilayah Jawa Barat, Indonesia. (sumber: Mazda) Seremoni peresmian proses pembangunan Pusat Perakitan Mazda, yang di gelar secara private di wilayah Jawa Barat, Indonesia. (sumber: Mazda)

SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah 7 tahun memegang merek Mazda dan hanya menjual kendaraan berstatus impor atau completely built-up (CBU) untuk pasar Indonesia, PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) akhirnya tergerak untuk memproduksi mobil rakitan lokal.

Dikonfirmasi melalui keterangan resmi, EMI akan membangun pabrik yang rencananya akan dibangun di daerah Jawa Barat, untuk memproduksi kendaraan rakitan lokal dan dipasarkan ke Indonesia.

Baca Juga:
Sambut Idul Fitri 2024, Mazda Indonesia Gelar Service dan Promo Khusus Momen Lebaran

“Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami, dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia, dengan lebih efisien dan efektif.” buka Ricky Thio, Managing Director PT. EMI dalam keterangan resmi (13/3/2024).

Latar belakang didirikannya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia didasari oleh pemahaman Mazda Motor Corporation (MC) yang cermat dan strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia. 

Baca Juga:
Tokyo Auto Salon 2024: Mazda Hadirkan Inovasi Masa Depan Modifikasi Berorientasi Balap

Dukungan investasi dari PT. EMI yang diperkirakan sekitar Rp. 400 miliar untuk persiapan proyek secara keseluruhan, juga menandai tekad perusahaan sebagai perpanjangan tangan MC.

Investasi sebesar ini merupakan upaya PT. EMI menjadi pemain kunci dalam menggerakkan pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.

Baca Juga:
Mazda Power Drive 2023 Ajak Masyarakat Test Drive Lini Terbarunya, Termasuk Sportscar

Untuk kendaraan, PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang diproduksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak digemari konsumen Indonesia.

PT. EMI akan berkomitmen kendaraan Mazda rakitan Indonesia akan memiliki standar kualitas setara dengan kendaraan yang dirakit sepenuhnya di Jepang.

Kendaraan tersebut akan dirakit dengan memberdayakan masyarakat yang tinggal di wilayah Jawa Barat.

“Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat, untuk membantu masyarakat berkembang.” pungkas Ricky. (Joule)