Instalasinya Unik, Toyota Land Cruiser 70 ini Upgrade Audio Pakai Focal ES K2 Power Terbaru

  • Oleh : Julfikri

Senin, 18/Mar/2024 14:00 WIB
Upgrade audio Toyota Land Cruiser 70 dengan speaker Focal K2 Power series garapan gerai Cartens Autosound. Upgrade audio Toyota Land Cruiser 70 dengan speaker Focal K2 Power series garapan gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Gerai Cartens Autosound mendapat pelanggan yang upgrade audio dan mobilnya bisa dibilang unik, yaitu Toyota Land Cruiser 70 dan speaker 2-way Focal Elite Series (ES) K2 Power.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Lahir pada tahun 1984, Land Cruiser 70 merupakan versi heavy duty atau untuk melewati medan yang berat dan membutuhkan durabilitas sangat tinggi, seperti di pertambangan, perkebunan, hingga medan perang, sehingga lebih ditujukan untuk fleet.

Meski demikian, ada saja pemilik yang menggunakan Land Cruiser 70 layaknya kendaraan harian karena buat hobi masih bisa, meskipun interiornya seperti kendaraan penumpang zaman dulu, atau bahkan kalau sekarang ini jatuhnya seperti kendaraan fleet.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Seperti misalnya di Land Cruiser 70 milik pelanggan Cartens Autosound ini, yaitu GXL Troop Carrier 2023, tidak ada dudukan midbass sama sekali di pintu seperti mobil pada umumnya.

“Mobil tipikal kayak gini, speaker aslinya cuma di dasbor, kecil lagi. Tweeter gak ada, belakang gak ada speaker, adanya di baris paling belakang, Gak balance suaranya, depan kecil, belakang 6.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (31/1/2024).

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Mungkin orang berpikir agar midbass ES K2 Power bisa terpasang di Land Cruiser 70 harus dilakukan proses custom. Namun ternyata di Australia ada yang menjual housing khusus Land Cruiser 70 dan itu sudah dengan kantung untuk menaruh barang.

Oleh karena itu, Cartens Autosound memesan housing tersebut agar midbass ES 165 bisa terpasang di Land Cruiser 70 dengan tampilan layaknya OEM. 

“Aftermarket kayaknya, tapi khusus buat Land Cruiser. Walaupun plug and play tapi harus custom, kalau gak nanti pasangnya gak bisa bagus. Custom dudukan lubangnya belum ada, jadi harus dipotong semua.” kata Edy.

Dengan housing tersebut, midbass ES K2 Power bisa terpasang, sementara untuk pasif ditempatkan di bawah jok depan.

Uniknya, midbass tersebut memakai jenis yang berbeda antara untuk staging depan dan belakang, meski masih satu seri speaker Focal K2 Power.

Untuk speaker depan menggunakan ES 165 K2S atau model terbaru, sementara speaker belakang menggunakan ES 165 K2.

“Depan incar bas, belakang incar vokal. Kalau dash cap-nya bulet biasanya lebih ngebas, dibandingin sama yang ada model face plug-nya. Di mobil sebelumnya udah pernah pake, jadi udah tau karakter suaranya.” jelas Edy.

Sementara untuk tweeter, dilakukan proses custom dudukan model clip on agar tidak merusak pilar bawaannya, baik untuk staging depan maupun belakang.

Dengan upgrade audio seperti ini tentu akan membuat lebih nyaman bermobilitas saat melewati beragam medan, dan tentunya jadi lebih terasa seperti kendaraan penumpang zaman sekarang. (Joule)