JDM Funday Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Diikuti Lebih Dari 80 Mobil Sport Jepang

  • Oleh : Julfikri

Senin, 25/Mar/2024 20:00 WIB
ilustrasi perhelatan JDM Funday. ilustrasi perhelatan JDM Funday.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Komunitas JDM Run kembali mengajak para pemilik mobil sport performa tinggi dari pabrikan Jepang, untuk memacu kendaraannya di sirkuit, melalui perhelatan JDM Funday 2024.

Sebelumnya JDM Funday diadakan di Sirkuit Internasional Sentul pada tanggal 5 Agustus 2018, kali ini diadakan pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga:
Subaru Indonesia Club Ajak Anggota Coba Produk Upgrade Performance di Meet-Up Awal 2024

Kesiapan acara JDM Funday 2024 diumumkan melalui konferensi pers yang diadakan pada tanggal 24 Maret 2024 di showroom Plaza Subaru. Jakarta.

Baca Juga:
Bidik Pemilik Mobil Modifikasi Harian, Garage One Adakan Meet-Up di Akhir Tahun 2023

“Antusiasme luar biasa, jadi saya senang sekali bisa bekerjasama dengan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) untuk sebuah acara yang fun dan juga edukatif dalam artian, mendapat kesempatan menjajaki area sirkuit.” buka Yahya Adi Nugroho, Ketua Pelaksana JDM Funday 2024, kepada SoundandMachine.com di lokasi (24/3/2024).

Dalam konferensi pers tersebut diumumkan bahwa JDM Funday 2024 akan dihadiri sekitar 89 kendaraan yang berasal dari berbagai daerah, yaitu Jakarta, Bengkulu, Semarang, Tangerang, Solo, Bandung, Lampung, Kudus, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Bogor, Batam, Cikarang, dan Bekasi.

Baca Juga:
Jadi Pesta Penggemar Sportcar Jepang, Pameran Modifikasi IMX 2023 Cetak Transaksi Miliaran

Seperti yang terakhir kali diadakan pada tahun 2018, JDM Funday akan mengadakan kompetisi dalam format time attack atau berpacu dengan waktu dalam mengitari satu putaran, dan kali ini di sirkuit Mandalika dengan 17 tikungan dan jarak sejauh 4,301 km.

Untuk kelasnya, kategori peserta terdiri dari non-experienced, experienced, dan pro, sementara kategori kendaraan, terdiri dari Standard Class, Street Class, dan Race Class, yang diharapkan setiap peserta akan memiliki kesempatan untuk bersaing sesuai kemampuan mereka.

Meski demikian, faktor keselamatan tetap diutamakan, dan oleh karena itulah sebelum memacu kendaraannya di sirkuit, akan ada sesi coaching clinic mengenai sirkuit Mandalika di hari pertama kompetisi pada tanggal 29 April 2024.

Saat kompetisi, setiap mobil peserta akan ditempel transponder untuk pencatatan waktu, dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

JDM Funday 2024 mendapat dukungan dari agen pemegang merek Subaru Indonesia, karena sejalan dengan salah satu pilar utamanya yaitu motorsport, melalui lini Subaru WRX dan BRZ.

“Semua mobil Subaru di Indonesia made in Japan, customer yang ikut banyak. Customer kita di Subaru Indonesia Club mereka juga sangat berminat.” jelas Ismail Ashlan, General Manager Marketing & PR Subaru Indonesia.

Selain itu, JDM Funday 2024 juga mendapat dukungan dari ITDC selaku perusahaan pengelola kawasan pariwisata, karena berdampak positif pada perekonomian NTB.

“Bagi kami, kedatangan teman-teman ini memberikan penghidupan lebih baik untuk Lombok dan NTB, karena waktu main di Mandalika, sudah menjadi bagian dari pengembangan ekonomi Lombok.” kata Troy Warukka, Director of Operational ITDC.

Tak kalah menarik, JDM Funday 2024 terbuka bagi masyarakat umum yang ingin melihat sejumlah mobil performa tinggi Jepang berlaga di sirkuit, namun relatif terbatas.

“Sirkuitnya kan besar, di dalam ada paddock area. Paddock area ini ID pass-nya akan diatur oleh panitia, akan dilakukan pemeriksaan, Berbayar apa ngga, biasa hanya biaya parkirnya aja, nanti penonton kita arahkan ke grandstand A dan grandstand B karena kita tentunya juga pengin ada penonton yang menikmati kegiatan ini.” pungkas Priandhi Satria, President Director of MGPA. (Joule)