Resmi Meluncur di Indonesia, Generasi Baru BMW Seri 5 Kini Bertenaga Listrik Penuh

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 27/Mar/2024 12:00 WIB
BMW i5 yang diluncurkan ke Indonesia sebagai versi mobil listrik dari 5-Series generasi baru. BMW i5 yang diluncurkan ke Indonesia sebagai versi mobil listrik dari 5-Series generasi baru.

SoundandMachine.com (Jakarta) - BMW Indonesia telah resmi memperkenalkan generasi terbaru untuk seri legendaris dan juga terlaris di dunia, yaitu 5-Series, pada tanggal 26 Maret 2024 di hotel The Langham, Jakarta.

Namun untuk 5-Series, BMW Indonesia memulainya dari varian berpenggerak motor listriknya yaitu BMW i5. Sekedar informasi, selain i5 BMW juga menghadirkan varian mesin hybrid untuk 5-Series yang terdiri dari mild hybrid dan plug-in hybrid untuk generasi yang sekarang sudah kedelapan dengan kode G60.

Baca Juga:
Gencarkan Distribusi Mobil Listrik, Grup Otomotif Haka Auto Buka Mega Dealer BYD di Cibubur

“5-Series memiliki cerita sukses di Indonesia, menjadi yang pertama dirakit di Indonesia pada tahun 1976. Secara keseluruhan, 5-Series menjadi sedan terlaris dalam waktu lama. Setiap generasinya memiliki perjalanan baru, yang menjanjikan bebas emisi dengan pengalaman berkendara legendaris.” buka Ramesh Divyanathan, President Director BMW Indonesia kepada SoundandMachine.com di lokasi peluncuran (26/3/2024).

Baca Juga:
Segera Digelar, Ini Sederet Pabrikan Mobil Listrik yang Akan Ramaikan Pameran PEVS 2024

Seperti 5-Series dan pendahulunya, i5 berada di posisi antara 3-Series dan 7-Series, baik dari segi dimensi, rasa berkendara, dan juga kenyamanan, dan itu sudah tercermin dari segi desain eksterior yang mengkombinasikan antara elemen sporti dan elegan.

Baca Juga:
Kedua di Asia Tenggara, Indonesia Akan Jadi Basis Perakitan Mobil Listrik GAC Aion

Kemudian untuk interior, juga mewariskan DNA dari 5-Series, yaitu memberikan pengalaman baru yang kali ini merupakan kombinasi antara desain futuristik, teknologi inovatif, dan atmosfir antara sporti dan elegan, untuk satu pengalaman berkendara unik.

Salah satu pengalaman baru yang ditawarkan dari i5 adalah fitur Airconsole in-car gaming, dimana para pengemudi dan penumpang bisa bermain game di dalam mobil dengan smartphone sebagai joystick, sambil menunggu pengisian baterai selesai.

Di sektor performa, motor listrik i5 bertenaga 340 hp dan torsi 430 Nm, yang membuatnya mampu menempuh dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6 detik. I5 memiliki kapasitas baterai sebesar 81,2 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 582 km dalam perhitungan WLTP.

Baterainya dapat terisi dari 0 ke 100 persen dalam waktu 8,25 jam di 11 kW apabila menggunakan AC charging. 

Namun apabila menggunakan DC charging, dapat terisi dari 10 ke 80 persen dalam waktu 30 menit di 205 kW.. 

“Setiap pembeliannya, customer akan mendapatkan wallbox serta pemasangannya di rumah customer, dari survey sampai pemasangan customer akan ditemani oleh pihak BMW dan PLN.” kata Kenny Wala, Product Manager BMW Indonesia.

i5 juga memiliki fitur safety baru yaitu augmented view yang membuat pandangan ke jalan tetap terlihat meski sedang melihat peta, 6 fitur Driving Assistant Professional, dan 6 fitur Parking Assistant Professional.

BMW Indonesia masih belum mengungkap harga jual i5, dan juga perilisan versi selain motor listrik dari 5-Series. (Joule)