Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 04/Apr/2024 14:00 WIB
Referensi upgrade audio full Alpine Status untuk harian garapan Mega Audio (atas) dan kompetisi garapan AJM Audioworks (bawah). Referensi upgrade audio full Alpine Status untuk harian garapan Mega Audio (atas) dan kompetisi garapan AJM Audioworks (bawah).

SoundandMachine.com (Jakarta) - Sebagai sistem dengan resolusi 192 kHz/24 bit yang tergolong tinggi, Alpine Status memiliki sistem full-set, dimana setiap komponennya berperan mengoptimalkan power dan performa untuk satu sistem, 

Komponen tersebut terdiri dari head unit, digital sound processor-amplifier (DSP-Amp), power amplifier, speaker, dan subwoofer. 

Baca Juga:
Berukuran Mungil, Dominations BangBass 68 Punya Kesamaan Spek Subwoofer Aktif Lebih Besar

Menariknya, komponen tersebut bisa dibeli ketengan sehingga bisa menyesuaikan preferensi masing-masing pelanggan, dan itu juga yang membuat kebanyakan pelanggan memilih beli komponen Alpine Status hanya sebagian, selebihnya diluar itu atau lain merek.

Akan tetapi sudah ada beberapa pemilik yang mobilnya sudah full-Alpine Status dalam arti head unit, speaker, subwoofer, DSP-Amp, dan power amplifier-nya terpasang.

Baca Juga:
Upgrade Audio Tapi Enggan Pasang Subwoofer? Speaker Focal Utopia 165W-XP Bisa Jadi Solusi

Gerai Mega Audio jadi salah satu instalatur pertama di Indonesia yang memasang semua komponen Alpine Status, di Toyota Fortuner milik pelanggan.

Baca Juga:
Punya Fitur Baru, Layar Multimedia Terbaru Alpine iLX-W670E Bikin Mobilitas Lebih Menyenangkan

“Dengan single brand, koherensi suara benar-benar kita dapatkan, terutama imaging suara, posisi, segala macam itu butuh spek yang sama dari semua elemennya.” buka Johny Chandra, Instalatur Mega Audio kepada SoundandMachine.com di lokasi gerai (15/3/2023).

Instalasi tersebut konsepnya lebih mengikuti OEM sehingga membuat jok baris ketiga tidak digusur, dan tempat dongkrak tidak dipindah. Hanya saja power amplifier yang dipasang hanya 1 buah saja untuk mengangkat subwoofer. Sementara untuk pemasangan speaker, custom pilar hanya untuk tweeter dan midrange-nya, dan pemasangan woofer di balik door trim standar.

Setelah Mega Audio, BestBuddyShop (BBS) Sunter kedapatan pelanggan yang ingin memasang semua komponen Alpine Status di Lexus RX 300, dengan spek lebih serius karena bertujuan mengikuti kompetisi car audio.

“Owner ini melihat sebelumnya kita bangun Alpine F#1 Status menggunakan Lexus RX 300. Kita ikuti beberapa kompetisi tapi prestasinya selalu bagus banget. Habis itu, owner tanya kita, mau bangun audio pakai mobil apa yang bagus. Pengalaman kita RX ini kabinnya bagus.” buka Susanto Cong, Instalatur BBS Sunter.

Untuk itu, rancang bangunnya dibuat sama seperti ketika upgrade audio RX 300 dengan Alpine F#1 Status, untuk sejumlah perangkat pendukung, dan tentunya power amplifier-nya ada 2 buah untuk mengangkat speaker dan subwoofer.

Instalasi seperti ini terbukti membuatnya juara di beberapa kompetisi car audio, bahkan baru-baru ini meraih level tertinggi, yaitu PAHAMI Champions of Champion 2024 di kelas 300 juta.

Gerai AJM Audioworks ikut kedapatan pelanggan yang ingin memasang semua komponen Alpine Status untuk mengikuti kompetisi car audio.

Berhubung dibuat untuk mengikuti kompetisi car audio, instalasinya sampai menggusur jok baris ketiga karena harus memasang beberapa komponen pendukung, termasuk 2 buah amplifier untuk speaker dan 1 amplifier untuk subwoofer.

Alhasil, sehari setelah upgrade audionya selesai digarap, mobil tersebut langsung dapat piala di seri ketujuh kontes EMMA pada tanggal 20-21 Januari 2024.

“Untuk sound quality competition grade, dibangun untuk ikut kompetisi. Awalnya hanya fun, setelah saya tawarin, oke. Dari player hi-res, processor, amplifier mono, amplifier 4-channel, dan speaker termasuk subwoofer.” kata Steven Jung, Instalatur AJM Audioworks.

Jadi seperti inilah referensi instalasi full komponen Alpine Status untuk harian dan kompetisi modifikasi car audio. Berminat? (Joule)