Speaker dan Subwoofer Audison ini Jadi Pilihan Baru Upgrade Audio Toyota Kijang Innova Zenix

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 09/Apr/2024 10:00 WIB
Pemasangan speaker 2-Way Audison APK 165 dan subwoofer Audison APS 10 D di Toyota Kijang Innova Zenix oleh gerai Cartens Autosound. Pemasangan speaker 2-Way Audison APK 165 dan subwoofer Audison APS 10 D di Toyota Kijang Innova Zenix oleh gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Toyota Kijang Innova Zenix termasuk mobil yang sistem audionya banyak dimodifikasi oleh para pemilik, sehingga referensinya sudah banyak dengan beragam sistem dan komponennya.

Dari sekian banyaknya referensi upgrade car audio, produk Audison bisa menjadi pilihan untuk OEM style, salah satunya speaker APK 165 untuk staging depan dan belakang, serta subwoofer APS 10 D di Kijang Innova Zenix milik pelanggan Cartens Autosound.

Baca Juga:
Hyundai Kerahkan Puluhan Unit Ioniq 5 dan Ioniq 6 Sukseskan World Water Forum 2024

“Suara oke, lagu-lagu elektronik bagus, open, detail. Apalagi kalau head unit Zenix gak bisa kita ganti, jadi cocok pakai Audison APK.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (30/3/2024).

Baca Juga:
Terinspirasi Kebutuhan Pehobi Modifikasi, HSR Luncurkan Velg Baru Bergaya Racing dan Retro

APK 165 merupakan speaker Audison 2-Way dengan crossover APCX TW yang memiliki fitur pemilih tingkat dua posisi yang memberikan kemampuan untuk menyesuaikan responsnya.

Respon tersebut terdiri dari +2dB jika dipasang di belakang kisi-kisi OEM, dan 0 dB untuk pemasangan pilar A tanpa kisi-kisi tambahan antara tweeter dan pendengar.

Baca Juga:
Wuling Motors Umumkan Harga Resmi Mobil Listrik Cloud EV, Dijual Tidak Sampai Rp 400 Juta

Selain itu APK 165 memiliki power sebesar 100 Watt hingga 300 Watt dengan impedance 4 Ohm, serta memiliki ukuran woofer sebesar 165 mm dan tweeter sebesar 26 mm.

Dengan speaker seperti ini, untuk staging depan bisa dipasang dengan memanfaatkan dudukan bawaan, sehingga setidaknya pekerjaan custom hanya sebatas bracket tweeter-nya saja agar bisa terpasang lebih presisi.

Sementara untuk staging belakang, hanya membutuhkan pekerjaan custom untuk dudukan tweeter, karena speakernya bukan coaxial dan Kijang Innova Zenix tidak ada rumah tweeter di doortrim pintu belakang.

Untuk penempatannya, custom rumah tweeter tersebut ditempatkan di dekat handel pintu belakang agar seperti mobil kelas atas.

Kemudian untuk subwoofer, APS 10 D memiliki ukuran 250 mm yang dirancang untuk memberikan performa maksimum dalam wadah tertutup dengan volume ultra-kompak, mulai dari 10 lt. sampai 12lt, sehingga pas untuk OEM style.

Pasalnya, komponen subwoofer Prima telah dikembangkan dengan tujuan utama: menghasilkan output tinggi di ruang sempit, sehingga semakin banyak udara yang dipindahkan kerucut, semakin banyak outputnya. 

APS 10 D juga dilengkapi surround dan spider yang dirancang dengan untuk mencegah efek guncangan, sirkuit pendingin agar bisa dipasang tanpa ventilasi bagian tengah, dan juga di dekat dinding belakang boks, untuk mengurangi kedalaman pemasangan secara maksimal.

Sementara untuk spesifikasinya, APS 10 D memiliki kekuatan 400 Watt hingga 800 Watt dengan impedansi 4,4 Ohm.

Dengan subwoofer seperti ini membuat instalasi bisa disesuaikan kemauan pelanggan antara kualitas suara dan OEM-nya. 

Berhubung subwoofer pasif, bagaimana pun instalasinya tentu harus custom boks. Agar kualitas suaranya lebih baik, Cartens Autosound menyarankan dipasang di bagian samping, tepatnya tempat dongkrak. “Bagus di samping suara bass-nya.” jelas Edy.

Setelah subwoofer terpasang, dongkrak akan dipindahkan ke bagian bawah lantai bagasi Kijang Innova Zenix, dan Cartens Autosound akan membuat penutupnya.

Speaker dan subwoofer Audison bisa menjadi salah satu pilihan bagi pemilik Kijang Innova Zenix yang ingin upgrade audio OEM style, apapun peranti pendukung dan peredamnya. (Joule)