Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

  • Oleh : Julfikri

Senin, 22/Apr/2024 18:00 WIB
Speaker dan subwoofer Focal K2 Power generasi terbaru yang dipasang di mobil retro Honda Civic Estilo garapan gerai Cartens Autosound. Speaker dan subwoofer Focal K2 Power generasi terbaru yang dipasang di mobil retro Honda Civic Estilo garapan gerai Cartens Autosound.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Meski dibuat dengan sejumlah modernisasi mulai dari teknologi hingga spesifikasi, speaker dan subwoofer Focal K2 Power generasi terbaru ternyata bisa untuk diaplikasikan ke mobil retro dengan instalasi OEM style.

Baca Juga:
Berukuran Mungil, Dominations BangBass 68 Punya Kesamaan Spek Subwoofer Aktif Lebih Besar

Pasalnya, salah satu tantangan upgrade audio mobil retro adalah selain kualitas suara, juga bagaimana supaya tampilan atau kondisi mobilnya seorisinil mungkin. 

Dari situ bisa jadi persoalan untuk mencari speaker dan subwoofer yang cocok, dan K2 Power jadi jawabannya, seperti Honda Civic Estilo milik salah satu pelanggan gerai Cartens Autosound.

Baca Juga:
Upgrade Audio Tapi Enggan Pasang Subwoofer? Speaker Focal Utopia 165W-XP Bisa Jadi Solusi

“Estilo emang sempit, terus grill-nya mau pakai OEM. Jaraknya tipis banget, jadi harus yang slim.” buka Edy Soesanto, Instalatur Cartens Autosound kepada SoundandMachine.com ketika ditemui di gerainya (31/1/2024).

Baca Juga:
Punya Fitur Baru, Layar Multimedia Terbaru Alpine iLX-W670E Bikin Mobilitas Lebih Menyenangkan

Speaker 2-Way K2 Power yang terpasang di Civic Estilo tersebut berkode ES 165 K2S, dengan midbass yang memiliki profil ramping untuk memberikan kedalaman pemasangan sebesar 58 mm dan bertenaga 70 Watt hingga 140 Watt.

Sejumlah teknologi ikonik Focal seperti membran K2 aramid fiber yang menggabungkan tiga faktor kunci dari loudspeaker yaitu kekakuan, bobot ringan dan damping, untuk menghasilkan suara yang murni dan memiliki impak tinggi.

Tweeter kubah inverted TKME dengan profil "M" dan aramid fiber, menghasilkan trebel dengan kehalusan dan presisi maksimal, serta memiliki kontrol frekuensi tinggi yang optimal dengan crossover audiophile, yaitu 60 Hz hingga 22 kHz.

Midbass K2 Power yang berdiameter 165 mm dan memiliki kedalaman 58 mm bisa dipasang di balik door trim asli Civic Estilo. Namun untuk tweeter pemasangannya dilakukan secara custom, akan tetapi tidak sampai membolongi panel bawaan sama sekali, yaitu dengan model jepit.

“Kalau tenaga lebih kenceng ke yang gak slim. Tapi setidaknya untuk mobil-mobil tertentu.” tambah Edy.

Sementara untuk subwoofer, menggunakan SUB 25 KXS yang memiliki profil ramping berdiameter 268 mm untuk kedalaman lebih rendah yaitu 94 mm dan power handling tinggi tanpa kehilangan energi.

“Sub-nya pakai Focal yang slim, karena pengin flat.” kata Edy.

SUB 25 KXS dilengkapi rubber surround yang profil eksklusifnya telah dioptimalkan untuk menawarkan travel sangat luas.

Selain itu, rangka SUB 25 KXS yang kaku, non-magnetik dan dengan profil tertentu meningkatkan ekskursi koil, memungkinkan subwoofer menghasilkan bass yang kencang, kuat, dan dinamis.

SUB 25 KXS dilengkapi spider pada loudspeaker yang ditinggikan dengan profil progresifnya agar suaranya linear dan presisi, serta koil dengan sistem ventilasi untuk daya lebih besar, yaitu 350 Watt hingga 700 Watt.

Untuk pemasangannya, Cartens Autosound membuatkan dudukan dengan mengikuti bentuk ban serep, dan subwoofer bisa terpasang rata dengan bagasi bawaan.

Dengan demikian, K2 Power terbukti pas untuk upgrade audio mobil keluaran lama yang memiliki ruang terbatas, terutama untuk instalasi OEM. (Joule)