Animo Semakin Tinggi, JDM Funday 2024 Siap Meriahkan Sirkuit Mandalika dan Pariwisata NTB

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 27/Apr/2024 10:00 WIB
Ilustrasi perhelatan JDM Funday. Ilustrasi perhelatan JDM Funday.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Komunitas JDM Run kembali mengajak para pemilik mobil performa tinggi pabrikan Jepang untuk merasakan memacu kendaraan di sirkuit, sekaligus berkompetisi mencetak waktu tercepat (time attack), melalui acara JDM Funday 2024.

Terakhir kali diadakan pada tahun 2018, JDM Funday tahun ini diadakan pada tanggal 28 April hingga 1 Mei 2024, di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga:
Animo Sportscar Jepang Sangat Tinggi, Belkote Dukung Event JDM Funday di Sirkuit Mandalika

“Awalnya dari 50, 70, sampai akhirnya ada 92 starter. Ada 92 starter, ada sekitar 85 mobil, apalagi kemampuan mengemudinya macam-macam. Ada yang belum pernah pengalaman sama sekali, ada yang sering, ada juga pembalap, bahkan pembalap senior ikut serta.” buka Yahya Adi Nugroho, Ketua Pelaksana JDM Run kepada SoundandMachine.com dalam konferensi pers di Gedung Sarinah, Jakarta (24/4/2024).

Baca Juga:
Penyegaran Honda HR-V Segera Meluncur di Jepang,Tampilan Lebih Tegas dan Tambah Fitur

Baru-baru ini pihaknya merilis update bahwa di tanggal 27 April 2024 akan ada parade dan sunset meet-up komunitas mobil performa tinggi Jepang.

Kemudian di tanggal 28 April 2024, akan ada sesi scrutineering kendaraan peserta, kemudian gala dinner yang disertai registrasi, pengumuman kelas peserta, tata cara prosesi dan safety, hingga serah terima kunci kendaraan.

Baca Juga:
Honda WR-V Diperkenalkan di Jepang, Wujudnya Beda Jauh dengan Versi Indonesia

Para peserta baru mencicipi sirkuit Mandalika dengan kendaraannya masing-masing, di tanggal 29 April 2024 yang diawali dengan briefing dan safety. Kemudian di tanggal 30 April 2024, barulah sesi para peserta untuk berkompetisi mencetak waktu tercepat di Sirkuit Mandalika.

Acara seperti ini mendapat sambutan baik dari PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), karena berefek positif pada sektor pariwisata provinsi NTB.

“Saya tanya ke Pullman (hotel), ternyata mereka sudah mendapat booking-an cukup banyak dari teman-teman JDM Run, ada sekitar 190 kamar, 3 malam 4 hari, plus pakai ballroom.” kata Troy Warokka, Direktur Operasional ITDC.

Selain itu, dari pihak Sirkuit Internasional Mandalika, kehadiran JDM Funday semakin meramaikan perhelatan yang sudah diadakan sebelumnya, atau akan diadakan nantinya.

“Ini adalah time attack pertama di Mandalika dan mungkin ini time attack pertama dengan peserta terbanyak selama ini di Indonesia.” jelas Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Tak ketinggalan, JDM Funday 2024 juga mendapat sambutan baik dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), karena sudah sepatutnya sirkuit digerakkan oleh car enthusiast..

“Yahya dan teman-temannya membuktikan, kalau ternyata sirkuit itu bukan hanya diisi partner, tapi car enthusiast. Car enthusiast ini banyak banget, dan selama ini harus banget disimulasi supaya kegiatan seperti ini banyak.” kata Rifat Sungkar dari IMI.

Perhelatan JDM Funday jelas menunjukkan bahwa JDM bukan sekedar antusiasme atau hobi dari masing-masing individu, tetapi juga membawa dampak positif untuk negara, tepatnya di sektor pariwisata. (Joule)