Diandalkan di Kompetisi, Speaker High End Focal Utopia M Cocok untuk Upgrade Audio Harian

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 14/Mei/2024 18:00 WIB
Instalasi speaker Focal Utopia M OEM placement di Toyota GR Yaris garapan FI Audio. Instalasi speaker Focal Utopia M OEM placement di Toyota GR Yaris garapan FI Audio.

SoundandMachine.com (Jakarta) - Focal Utopia M merupakan speaker pilihan para pemain modifikasi car audio dengan kelas atas dari sisi budget, dan performa maksimal dari komponen itu sendiri merupakan yang paling dicari.

Baca Juga:
Berukuran Mungil, Dominations BangBass 68 Punya Kesamaan Spek Subwoofer Aktif Lebih Besar

Itulah mengapa ketika memilih Utopia M, banyak pemilik yang rela custom pilar mobilnya, atau bahkan sampai mengubah door trim karena mengincar performa maksimal dari speaker tersebut, terutama karena keperluan kompetisi.

Namun demikian, Utopia M masih cocok untuk instalasi OEM placement, terutama untuk pemilik yang tidak ingin banyak ubahan atau pemakaian harian, dan itu sudah dibuktikan oleh instalatur ternama melalui pekerjaan menggarap upgrade audio mobil milik pelanggannya.

Baca Juga:
Upgrade Audio Tapi Enggan Pasang Subwoofer? Speaker Focal Utopia 165W-XP Bisa Jadi Solusi

“Seri tertinggi dari Focal. Untuk antusias audio mobil salah satu speaker favorit. Di kompetisi banyak kita temukan, tapi ini untuk harian.” buka Adhika Rusly, Instalatur FI Audio kepada SoundandMachine.com saat ditemui di gerainya (28/10/2023).

Baca Juga:
Punya Fitur Baru, Layar Multimedia Terbaru Alpine iLX-W670E Bikin Mobilitas Lebih Menyenangkan

FI Audio sudah memasang speaker 3-Way Utopia M di Mercedes-AMG G63 dengan instalasi OEM placement, sehingga kabin tetap standar, hingga seperti tidak ada ubahan sama sekali. 

Untuk memasangnya, FI Audio hanya membuat bracket yang mengikuti dudukan mobilnya, karena ukuran komponennya sama seperti speaker standarnya.

Selain G63, FI Audio juga sudah memasang Utopia M di Toyota GR Yaris, namun yang 2-Way untuk mengikuti OEM-nya. Seperti di G63, untuk memasang speaker Utopia M di GR Yaris, FI Audio juga hanya membuat bracket yang mengikuti dudukan mobilnya.

“Kebetulan dari kemarin acara demo day, dia ambil paket dari G63 tapi diadaptasi ke GR Yaris.” kata Adhika.

Berhubung dari segi komponen sudah mendukung dengan OEM-nya, tinggal pemasangan digital sound processor (DSP) dan beberapa perangkat pendukung lain yang sebaiknya berada di kelas menengah, serta tuning untuk memaksimalkan performa dari instalasinya.

Jadi seperti inilah referensi instalasi OEM style speaker Utopia M untuk pemakaian harian, atau memang tidak ingin custom pilar sehingga tampilan tetap terlihat standar jika dilihat sekilas. (Joule)