MODIFIKASI AUDIO MOBIL: "SOUND QUALITY HARIAN MEWAH"

  • Oleh :

Jum'at, 04/Mar/2016 15:20 WIB


Kepuasan untuk menikmati kualitas suara yang maksimal di telinga Mr. Jui akhirnya terbayar sudah. Instalasi SQ yang terpampang di kabin mobil Honda HRV miliknya membuat nyaman disetiap perjalanannya.

Soundmotion - Untuk menikmati rangkaian suara dari instalasi audio pada kabin mobil memang menjadi sebuah keinginan Mr. Jui selaku pemilik tunggangan Honda HRV berwarna silver gelap. Awalnya memang ini hobi si owner, maka saya buatkan suara yang bagus itu bisa dinikmati didalam mobil si owner, tungkas Steven selaku punggawa workshop AJM Audioworks. Karena alasan itulah Mr. Jui rela merogoh kantongnya agak dalam demi menggapai kepuasan untuk menikmati alunan nada yang begitu detail.

[caption id="attachment_8576" align="alignnone" width="640"]audio mobil Audio Mobil Honda HRV[/caption]

Suara Mewah

Intip dibagian pilar A mobil milik Mr. Jui, Steven memasangkan pilar baru sebagai sarang berteduhnya tweeter. Melansir penyuara bagian depan dengan menggunakan labelan dari BeWith Accurate disematkan pada bagian pilar secara semi on-axis yakni posisi speaker pada bagian pilar A menghadap semi langsung pada pengemudi.

Baca Juga:
Audioworkshop Luncurkan Power Amplifier Hertz Dieci Series, Spek Memukau Harga Terjangkau

[caption id="attachment_8578" align="alignnone" width="640"]audio mobil Audio Mobil - Kabin HRV AJM[/caption]

Sedangkan pada bagian midbass yang ditempatkan oleh AJM Audioworks pada bagian doortrim installer menerapkan asas originalitas, yakni menempatkan midbass BeWith Accurate tanpa merubah kondisi asli dari doortrim Honda HRV. Dibagian doortrim sebagai tempat berteduhnya komponen ukuran 6,5 inch ini Steven membalutnya dengan peredam.

[caption id="attachment_8579" align="alignnone" width="640"]bewith Tweeter Bewith Honda HRV AJM[/caption]

Peredam yang dipasang di mobil milik Mr. Jui hanya pada seluruh bagian kabin HRV. "Keseluruhan body kabin diberikan peredaman dengan STP Gold, karena diyakini peredam ini memang paling baik dikelasnya. Lalu ditambahkan lagi dengan peredam busa dari STP Splen untuk road noise," ungkap Steven pada team soundandmachine.com.

Baca Juga:
Referensi Upgrade High-End, Produk Focal Jadi Andalan Gerai Tones Garage di Demo Day

[caption id="attachment_8580" align="alignnone" width="640"]head unit Head Unit Honda HRV[/caption]

Source OEM masih diandalkan sebagai penyampai segala jenis format lagu, namun sebagai kunci andalan karena masih menggunakan head unit OEM HRV, processor eksternal pun turut dibenamkan dalam kabin HRV. "Dengan mengandalkan processor audio BeWith State A6 diyakinkan suaranya sangat baik," jelas Steven.

Power 4dan2 Channel

Jumlah amplifier yang digunakan untuk mengusung keseluruhan sistem dalam kabin HRV, Steven mengandalkan 2 jenis amplifier yang berbeda. Satu unit amplifier Abyss mini AA ini memiliki 4 channel digunakan untuk mendrive tweeter dan midbass BeWith Accurate. Sedangkan, satu unit amplifer Audiosistem Twister yang memiliki 2 channel bertugas mengontrol kinerja dari subwoofer yang berada pada buritan kabin HRV.

Baca Juga:
Penuhi Antusias Car Audio Lovers di Batam, Tones Garage Perpanjang Promo Alpine Day

[caption id="attachment_8581" align="alignnone" width="640"]amplifier Amplifier Twister[/caption]

"Untuk kelistrikan agar lebih stabil saat mengaktifkan sistem dalam kabin, Saya menambahan satu kapasitor batcap X400 supaya supply listrik power dengan baik," terang Steven. Selain tujuannya agar arus lebih maksimal tidak terputus-putus dan suara juga lebih ekslusif.

[caption id="attachment_8582" align="alignnone" width="640"]abyss Amplifier Abyss Honda HRV AJM[/caption]

Buritan Nan Lapang

Bagian belakang tepatnya di bagasi, fungsi bagasi ini tidak diutak atik oleh installer, semua ditempatkan dibagian bawah tidak ada penambahan box yang menjorok keluar subwoofer dan amplifier. Jadi kesan ruang masih tetap terjaga hanya penambahan aklirik.

[caption id="attachment_8583" align="alignnone" width="640"]audio mobil Audio Mobil Kabin Belakang Honda HRV[/caption]

Untuk menghadirkan suara low frequensi dari subwoofer, Steven mengaplikasikan subwoofer pada ruang ban cadangan untuk bentuk boks yang digunakan. Boks dibuatkan jenis sealed yang ukurannya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrikan. Subwoofer melansir lebelan RS Audio Competition Series dengan ukuran 10 inch.

[caption id="attachment_8584" align="alignnone" width="640"]subwoofer Subwoofer Honda HRV[/caption]

Spesifikasi: Head Unit: OEM HRV Front Speaker: BeWith Accurate Processor: BeWith State A6 Amplifier: o Abyss mini AA 4chennelo Twister F2.190 2channel Subwoofer: RS Audio Competition Series 10 inch Kabel: Tchernov Peredam: STP Gold Series dan STP Splen

[caption id="attachment_8585" align="alignnone" width="640"]audio mobil Audio Mobil Honda HRV Belakang[/caption]Warehouse: AJM AudioworksOwner: Mr. Jui[caption id="attachment_8586" align="alignnone" width="640"]audio mobil Audio Mobil - Photo Session[/caption]

Tags :