MODIFIKASI AUDIO MOBIL HONDA HR-V: "SPORTY NAN ELEGANT"

  • Oleh :

Sabtu, 26/Mar/2016 13:30 WIB


Setelah oprek-oprek kendaraan kesayangan bagian eksterior, tentunya agar menopang gengsi dalam kabin Dimas pun melakukan modifikasi audio mobil Honda HR-V biar lebih puas.

Soundmotion - Modifikasi eksterior sudah dilakoni oleh pemilik tunggangan Honda HR-V keliran putih ini secara optimal, namun ada yang dirasa kurang saat masuk dalam kabin yang sistem audio mobilnya yang masih bawaan pabrik. Alhasil, dengan menunjuk gerai Bass Auto Fokus yang berada dibilangan Bekasi menjadi eksekutor untuk modifikasi audio mobil bagi dalam kabin HR-V Dimas Nurfiansyah.

"Setelah modifikasi sektor eksterior yang sudah bagus dengan balutan bodykit dan juga airsuspension, urusan audio mobil sekarang jadi perhatian si owner untuk dimodifikasi menjadi sound quality," jelas Tony selaku owner Bass Auto Fokus.

Baca Juga:
Punya Fitur Baru, Layar Multimedia Terbaru Alpine iLX-W670E Bikin Mobilitas Lebih Menyenangkan

Penyalur Semua Genre

Karena sebelum mengaplikasikan sistem audio mobil yang dinginkan si owner, mobil Honda HR-V ini sudah mengalami perubahan modifikasi, hal inilah yang manjadi tantangan Tony selaku eksekutor untuk mengaplikasikan audio yang diinginkan Dimas Nurfiansyah.Head-unit-Honda-HRV-Bass-Auto-Fokus"Karena sudah ada sistem airsuspension yang perlengkapanya juga gede-gede, seperti airpump lalu tabung jadi gimana caranya space bagasi harus tetap ada dan sistem audio tetap tidak terganggu , namun tidak mengesampingkan estetika design audionya," jelas Tony pada team soundandmachine.com.

Tweeter-Midrange-Honda-HRVUntuk menyalurkan semua genre musik dalam kabin, sistem 3 way pun dijejalkan pada kabin depan dengan membuat pilar A custom. Penyuara yang digunakan yaitu menganut pada lebelan Venom Venom Intelligent VI 6.4 yang dikombinasikan dengan Venom Midrange VX3 FR.

Baca Juga:
Diandalkan di Kompetisi, Speaker High End Focal Utopia M Cocok untuk Upgrade Audio Harian

Midbass-Honda-HRV-Bass-Auto-Fokus"Treatment di midbass pakai difuser agar suara lebih sempurna, karena pemasanganya tidak on axis dan hanya di pasang di tempat standardnya. Terus untuk box pillar midrange di `cor` pake pasir biar lebih ridgid," terang Tony. "Lalu peredam dilakuakan semua pintu pake 2 lapis bagian luar dan dalam, tujuanya agar produksi suara midbass bisa sempurna dan untuk soundproof dari suara bising dari luar mobil," tambahnya.

Kabin-Depan-HRV-Bass-Auto-FocusHead unit digunakan dalam sistem kabin HR-V masih menggunakan head unit OEM dari HR-V, yaitu head unit Kenwood DDX7035BT sebagai penyalur segala jenis format musik yang dimainkan. "Penambahan processor external Venom Pandora VPR MKII Wi-Fi, dengan tujuan agar lebih mudah untuk penyetingan, karena main full active jadi lebih adjustable di setiap drivernya dan yang pasti lebih mudah untuk mewujudkan settingan sesuai selera owner," ungkap Tony installer dengan perawakan ramah ini.

Baca Juga:
Mau Pasang Subwoofer Hertz MPS 250 di Toyota Kijang Innova Zenix? Ini Referensi Instalasinya

Design Buritan Elegant

Menilik pada buritan kabin HR-V Dimas ini, design dari penataan perangkat audio mobil sangat elegant. Ruang bagasi masih bisa digunakan sesuai dengan fusngsinya, begitu juga pada ban serep yang masih bertengger pada OEM kabinnya.

Tampilan-Pada-Kabin-Belakang-Honda-HRVAmplifier digunakan dalam kabin HR-V ini berjumlah 2 unit dengan sama yaitu Venom Intelligent VI 100.4 D, tentunya dengan fungsional yang berbeda. "Sistem mempergunakan 2 pcs power amplifier 4 channel, dengan pembagian 2 channel untuk tweeter, 2 channel untuk midrange, 2 channel untuk midbass, 2 channel bridged mono untuk subwoofer," ucap Tony.

Venom-Pandora-di-Kabin-Honda-HRVBoks subwoofer dibuatkan jenis sealed dengan tujuan agar tidak terlalu makan tempat, "karena seperti yang Kita tahu bok sealed tidak butuh volume besar, cukup dengan 0,95cu/ft sudah bisa mengoptimalkan kinerja subwoofer, tujuanya karena selain untuk suara yang optimal, agar sisa bagasi masih lapang," tambahnya.

Amplifier-Venom-Dalam-Kabin-Honda-HRV-Bass-Auto-FokusUrusan kelistrikan tidak ada treatment khusus, hanya saja penggunaan kabel dengan material tembaga murni dan penambahan grounding pada 3 titik, seperti di engine hood agar lebih stabil dan aman.

Subwoofer-Honda-HRV

Spesifikasi: Head Unit: Kenwood DDX7035BT Processor:Venom Pandora VPR MKII Wi-Fi Front Speaker: o Venom Intelligent VI 6.4o Venom Midrange VX3 FR Amplifier: Venom Intelligent VI 100.4 D (2 Unit) Subwoofer: Venom Intelligent VI 10D (1 Unit) Peredaman: Visel Kabel: Tchernov

Warehouse: Bass Auto FokusOwner: Dimas Nurfiansyah

Tags :