Menjagokan Teknologi, Harga Kicks Setara C-HR dan CX-30!

  • Oleh :

Jum'at, 26/Jun/2020 23:04 WIB


Soundandmachine.com - Nissan Kicks pasar Jepang (JDM) dibanderol 2,759,900-2.869,900 Yen, setara dengan harga Toyota C-HR dan Mazda CX-30 di Jepang. Terlepas dari soal Kicks rakitan Thailand, Nissan lebih menjagokan teknologi andalannya dan teknologi tersebut kerap menjadi faktor wow-nya Nissan dan bukan hal yang tidak mungkin membuat harga Kicks setara C-HR dan CX-30.

e-POWER Nissan Kicks (foto: Nissan)

Teknologi e-POWER yang membuat saudaranya, Note dan Serena menjadi mobil terlaris di Jepang untuk masing-masing segmen. Motor listrik sangat berperan karena bukan hanya mampu menekan konsumsi BBM semenjak lebih berperan menggerakkan mobil tetapi juga torsi instan yang membuatnya mampu berakselerasi cepat layaknya mobil listrik.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Mesin konvensional HR12E-nya berperan mengisi baterai motor listrik layaknya sebuah genset dengan melepas gas, sekaligus menggerakkan mobil.

Konsol Tengah Nissan Kicks (foto: Nissan)
e-POWER DRIVE Nissan Kicks (gambar: Nissan)

Sepaket dengan e-POWER, Kicks juga dilengkapi dengan fitur e-POWER DRIVE yaitu pengoperasian satu pedal ketika berjalan. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengemudi dapat memacu dengan menginjak gas dan mengerem hanya dengan melepas gas.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Fitur seperti ini sangat efektif mengurangi lelah terutama dalam kondisi macet stop and go atau mengendarai di jalanan berkelok-kelok dan pengemudi dapat menonaktifkan fitur tersebut jika tidak diperlukan.

ProPILOT Nissan Kicks (foto: Nissan)

Kicks juga dilengkapi fitur ProPILOT dengan gelombang radar milimeter yang mendeteksi situasi kendaraan sehingga mengurangi lelah ketika mengontrol kendaraan di jalan tol, terutama perjalanan jauh. Sistem ProPILOT bekerja secara halus membantu pengemudi mengontrol gas dan rem agar mendapat jarak aman dengan kendaraan di depannya. Selain itu agar pengemudi tetap berada di antara 2 garis lajur, ProPILOT juga membantu pengemudi dengan mengendalikan setir yang tidak hanya di jalan lurus tetapi juga di tikungan.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Tombol SOS Call Nissan Kicks (foto: Nissan)

Apabila terjadi kecelakaan, Kicks dilengkapi tombol SOS Call yang membantu pengemudi melaporkan kepada pihak berwajib apabila terjadi insiden seperti kecelakaan atau sakit mendadak. Setelah pengemudi menekan tombol tersebut, operator akan menerima sinyal dan pihak berwajib akan segera datang seperti kepolisian, ambulans, atau pemadam kebakaran.

Intelligent Trace Control Nissan Kicks (foto: Nissan)

Kicks dilengkapi Intelligent Trace Control yang membuatnya stabil ketika menikung dengan mengontrol rem untuk keempat rodanya berdasarkan pengoperasian setir, gas, dan rem di jalan berkelok-kelok atau tikungan kecepatan tinggi. Ketika menikung, pengemudi akan dimudahkan dalam menjejaki driving line dan ketika keluar tikungan pengemudi dapat berakselerasi tanpa mengacaukan driving line-nya.

Menariknya fitur tersebut hadir untuk Kicks yang hanya tersedia penggerak roda depan, meskipun akan menjadi kekurangan semenjak Kicks berstatus sebagai SUV/Crossover. Teknologi Kicks memang bisa dibilang setara 4WD atau AWD namun untuk SUV/Crossover JDM, 4WD atau AWD bisa menjadi salah satu yang diharapkan bahkan dibutuhkan.

Kelebihan lainnya seperti yang sudah menjadi standar mobil JDM, Kicks sudah dilengkapi fitur keselamatan aktif sehingga mendapat subsidi atas fitur tersebut. (Joule)

Tags :