Gran Max dan Town Ace, Hanya Beda Logo?

  • Oleh :

Sabtu, 27/Jun/2020 22:40 WIB


Soundandmachine.com - Kehadiran Daihatsu Gran Max di Jepang untuk pertama kalinya mungkin akan mengundang persepsi apakah hanya beda logo dengan Toyota Town Ace. Sepintas benar, namun jika diulik lebih dalam masih ada perbedaannya lagi. Lantas apa perbedaan antara Gran Max dan Town Ace selain logo?

Toyota Town Ace DX (sumber: brosur resmi Toyota)

Perbedaan selain logo ada pada kuantitas tipe, seperti misalnya Gran Max hanya tersedia tipe GL, sedangkan Town Ace tersedia tipe DX dan GL.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Tipe DX merupakan tipe termurah Town Ace. Nama "DX" sudah menjadi tradisi Toyota untuk tipe termurah di lini produknya terutama untuk lini produk beraspek ekonomis seperti Corolla, Hiace, dan sebagainya. Begitu juga pemakaian plastik hitam di bumper, gagang pintu, dan spion.

Interior Toyota Town Ace DX (foto: Toyota)

Diposisikan sebagai tipe termurah tidak membuat Toyota lantas mengurangi fitur safety-nya terutama Smart Assist dan oleh karena itu lampu LED tetap hadir di tipe termurah karena bagian dari Smart Assist begitu juga fitur seperti ABS, VSC, dan sebagainya.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Perbedaan tipe DX dengan tipe GL lebih ke kosmetik dan kenyamanan seperti misalnya tidak ada power window, spion retractable, dan kunci dengan remote.

Toyota Town Ace DX "X Edition" (foto: Toyota)

Selain itu ada perbedaan penamaan di varian truck atau pikapnya yaitu DX "X Edition" untuk Town Ace, sedangkan Gran Max bernama GL. Untuk kelengkapannya baik Gran Max maupun Town Ace sama, begitu juga harganya yang artinya perbedaan Gran Max dan Town Ace sebatas emblem kebenarannya hanya sampai di varian tertinggi Town Ace.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Toyota Town Ace TECS Power Lift (foto: Toyota)
Toyota Town Ace TECS Cooling Box (foto: Toyota)

Berdasarkan pemantauan di website, Toyota membuka program Toyota Excellent Conversion Series atau opsi konversi untuk keperluan tertentu khusus varian pikap seperti power lift yang memudahkan pekerja untuk bongkar muat dan mobil boks pendingin (cooling box). Opsi tersebut bisa dibilang pembeda karena setelah cek di website Daihatsu tidak ada opsi konversi tersebut. (Joule)

Tags :