Cegah Mazda2 Lama terbentur dengan Pedal Misstep Acceleration Control Device

  • Oleh :

Senin, 06/Jul/2020 19:39 WIB


Soundandmachine.com (Hiroshima, Jepang), 6 Juli 2020 - Mazda merilis perangkat retrofit untuk Mazda Demio keluaran lama (Mazda2 jika di Indonesia) yaitu "Pedal Misstep Acceleration Control Device" yang berfungsi mencegah mobil terbentur akibat berakselerasi dari kekeliruan menginjak pedal gas.

Pedal Misstep Acceleration Control Device Mazda Demio (foto: Mazda)

Perangkat ini memperingatkan Anda dengan buzzer dan indikator ketika sensor ultrasonik yang terpasang di bagian depan dan belakang kendaraan mendeteksi hambatan seperti dinding dalam jarak 3 m di depan atau di belakang. Namun, ketika salah menekan pedal gas karenamengira itu pedal rem misalnya, akselerasi akan ditekan dan itu akan membantu mengurangi kerusakan jika terjadi benturan.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Ketika bergerak mundur, bahkan jika hambatan seperti dinding tidak terdeteksi, jika pedal gas ditekan pada kecepatan sekitar 5 km/jam atau lebih, buzzer dan indikator memperingatkan pengemudi untuk mencegah akselerasi dan menghindari tabrakan atau kerusakan.

Perlu diingat perangkat tersebut hanya mencegah berakselerasi dari berhenti ketika mendeteksi adanya objek dan tidak ada fungsi memitigasi rem sama sekali. Selain itu perangkat tersebut juga memiliki keterbatasan seperti tidak bekerja dalam kondisi tertentu yang mengingatkan pengemudi agar tetap berhati-hati.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Perangkat senilai 67,100 Yen tersebut dibuat untuk Mazda Demio atau Mazda2 keluaran 2007-2014 dengan transmisi otomatis atau CVT dan nomor kendaraan DE***-100001~.

Di Jepang, perangkat Pedal Misstep Acceleration Control Device merupakan bentuk dukungan Mazda untuk mencegah kecelakaan karena dalam beberapa tahun terakhir, proporsi kecelakaan akibat kesalahan menginjak pedal gas di tempat parkir telah meningkat. (Joule)

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Tags :