RB26DETT 2.8L HIGH RESPONSE, Mesin Monster Baru HKS!

  • Oleh :

Senin, 06/Jul/2020 20:48 WIB


Soundandmachine.com (Shizuoka, Jepang) - Perusahaan tuning asal Jepang HKS telah memproduksi complete engine atau mesin modifikasi yang dijual utuh berbasis RB26DETT yaitu RB26DETT 2.8L HIGH RESPONSE. RB26DETT merupakan mesin Nissan Skyline GT-R generasi R32-R34 dan Nissan Stagea Autech 260RS.

Meski belum diketahui persis perbandingan tenaga dibanding mesin standar, setidaknya kita bisa membayangkan bahwa mesin ini merupakan "mesin monster" terlebih semenjak kapasitas mesinnya telah ditingkatkan menjadi 2,800 cc.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Mesin ini memiliki crank angle sensor dan ignition coil yang dikemas untuk lebih meningkatkan respons dengan menggunakan 2,8 L HIGH RESPONSE KIT untuk RB26DETT. Sistem reciprocating yang ringan dan sangat kaku berfokus pada respons. Selain itu titanium valve spring retainer, reinforced valve spring, high lift cam, reinforced stem seal dan sistem katup yang menarik daya hingga putaran tinggi.

Komponen Blok Mesin RB26DETT 2.8L HIGH RESPONSE (foto: HKS)

Mesin ini berkapasitas 2,800 cc dengan ukuran bore 87.0 mm, stroke 77.7 mm, rasio kompresi (t=1.2) 8.7, dan toleransi kecepatan rotasi hingga 9,000 rpm dan HKS juga menyediakan upgrade kit tersebut untuk mesin RB26DETT standar senilai 1,650,000 Yen. Pistonnya memakai material high-rigidity lightweight dengan A2618 material yang memiliki daya tahan tinggi terhadap temperatur tinggi.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Dedicated Lightweight Pin Mesin RB26DETT 2.8L HIGH RESPONSE (foto: HKS)

Piston tersebut disertai penambahan diameter dedicated lightweight pin hingga 22 agar mengimbangi tekanan pemakaran tinggi. Selain crank damper yang menekan getaran puntir saat menjadi ringan dan bentuk ruang pembakaran dioptimalkan pemrosesan NC untuk mengurangi knocking.

Pompa oli berkapasitas besar yang berdudukan kuat dengan kapasitas besar untuk memastikan tekanan hidrolik stabil di semua putaran.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Main bearing and connecting rod bearing telah mengalami berbagai pengujian dan teroptimalnya telah dipilih. Grommet head gasket dan reinforced head studs mencegah mesin keluar dari dudukan akibat kerja mesin yang terlalu kuat.

RB26DETT 2.8L HIGH RESPONSE dibanderol 6,270,000 Yen untuk R32, R33, dan R34 serta disarankan memakai oli mesin HKS Racing Pro 10W50. (Joule)

Tags :