Toyota Corolla Cross; Spesies Baru, DNA Nama Besar!

  • Oleh :

Kamis, 09/Jul/2020 12:00 WIB


Soundandmachine.com (Bangkok, Thailand), 9 Juli 2020 - Toyota telah merilis versi SUV/Crossover dari Corolla yaitu Toyota Corolla Cross dan Thailand terpilih sebagai negara world premiere peluncuran Corolla Cross.

Meski kesohor dengan produk sedannya, pada dasarnya Corolla merupakan sebuah nama besar Toyota yang memiliki DNA tersendiri dan itu tidak sebatas model sedan, wagon, dan hatchback. Seperti misalnya untuk pasar Jepang Toyota pernah merilis MPV dengan nama Corolla yaitu Corolla Spacio dan mobil kompak Corolla Rumion.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Toyota Corolla Cross (foto: Toyota)

"Corolla meets SUV" menjadi kata kunci dalam pengembangan Corolla Cross sehingga dirancang sebagai tipe baru SUV yang menggabungkan "dignified sturdiness" di eksterior dan utilitas agar melebihi harapan pelanggan. Dengan kata lain, Corolla Cross benar-benar dibuat seimbang antara aspek "Corolla" dan "SUV" sehingga benar-benar sebuah spesies baru nama besar semenjak pertama kalinya Toyota membuat SUV dengan nama Corolla.

Tampak Samping Toyota Corolla Cross (foto: Toyota)

Oleh karena itu eksterior Corolla Cross terlihat rileks dari tampak samping yang menandakan kelapangan interior dan status mobil. Namun di sisi lain semenjak SUV harus menunjukkan sisi kuatnya, seperti di bagian depan, belakang, dan fender menegaskan kesan energi pada mobil hingga menunjukkan sisi kontras antara fender belakang dan kabin untuk impresi di tampak belakang.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Desain seperti ini masih menjaga DNA Corolla yang notabene eksterior harus terlihat sekalem mungkin dan over fender Corolla Cross tergolong kalem dan menyatu dengan bodi jika dibandingkan dengan RAV4 bahkan lebih kalem dari Yaris Cross sekalipun.

Interior Toyota Corolla Cross (foto: Toyota)

Sebagaimana DNA dari sebuah Corolla, interior harus lapang dan Corolla Cross memiliki view dan ruang kepala yang lapang. Corolla Cross memiliki kabin yang lapang, keluar-masuk dari mobil dipermudah bahkan ketika membawa seorang anak. Ruang bagasi sebesar 487 liters / 440 liters pertama di kelasnya sehingga cocok untuk semua skenario.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Panel Instrumen Toyota Corolla Cross (foto: Toyota)

Interior Corolla Cross-pun dari segi desain masih "Corolla" dari dasbor, panel instrumen, dan setir yang masih mirip dengan Corolla sedan.

Corolla Cross memakai platform TNGA GA-C dengan suspensi torsion beam baru dan optimalisasi geometri suspensi yang membuatnya memiliki performa tinggi, kenyamanan berkendara, dan keheningan tinggi. Tak ketinggalan, radius putar 5,2 m dan posisi mengemudi tinggi membuat blind spot terminimalisir sehingga Corolla Cross mudah dikendarai.

Dibalik kap mesin terdapat mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1,800 cc dengan tenaga maksimum 140 PS dan torsi maksimum 177 Nm yang disalurkan oleh transmisi CVT. Namun tersedia juga mesin hybrid 2ZR-FXE bertenaga maksimum 98 PS dan torsi maksimum 142 Nm dengan motor listrik bertenaga maksimum 72 PS dan torsi maksimum 163 Nm.

Toyota Safety Sense Toyota Corolla Cross (foto: Toyota)

Fitur keselamatan warisan seri Corolla juga turut disematkan salah satunya Toyota Safety Sense, di antaranya Blind Spot Monitor and Rear Cross Traffic Alert.

Di Thailand, Corolla Cross sudah dirilis dengan harga sebagai berikut

  • Hybrid Premium Safety  1,199,000 THB 
  • Hybrid Premium    1,089,000 THB
  • Hybrid Smart        1,019,000 THB
  • 1.8 Sport         989,000 THB 

"Kami berharap Corolla Cross dapat membantu pelanggan dalam menciptakan cerita baru dengan kendaraan mereka memuat orang-orang penting bagi mereka, barang bawaan, dan impian mereka untuk masa depan." ujar Daizo Kameyama Chief Engineer yang bertugas dalam pengembangan Corolla Cross. (Joule)

Tags :