Honda Civic Type R Limited Edition; Mobil Berpenggerak Depan Tercepat di Sirkuit F1 Jepang!

  • Oleh :

Kamis, 09/Jul/2020 20:53 WIB


Soundandmachine.com (Mie, Jepang)- Honda Civic Type R Limited Edition mencetak waktu 2:23.993 di Suzuka Circuit, sirkuit yang menjadi venue dalam penyelenggaraan Formula 1 (F1) di Jepang. Catatan waktu tersebut membuatnya menjadi mobil berpenggerak roda depan tercepat untuk mobil produksi.

"Di dunia motorsport, berhenti adalah kekalahan langsung. Karena itu, jangan pernah berhenti berjalan. `Semangat balap` yang hidup di Honda telah mendorong kami." ujar Hideki Kakinuma, Chief of Civic TYPE R Development.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Kemampuan tersebut tentunya tidak lepas dari dapur pacu Civic Type R Limited Edition yang pada dasarnya Civic Type R dimodifikasi oleh pabrikan namun dijual terbatas.

Mesin VTEC Turbo 2.0 liter bawaan yang memiliki output daya puncak hingga 320 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400 Nm sehingga mampu melaju pada kecepatan 0-100 km/jam (0-62 mph) dalam waktu 5,7 detik.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Selain itu kaki-kaki dilengkapi Adaptive damper system and EPS Dedicated setting dan ban Michelin Pilot Sport Cup-2 untuk performa di sirkuit yang membalut pelek forged aluminum BBS 20 inci serta 2 buah floating brake discs di baliknya.

"Performa akselerasi / deselerasi yang semakin meningkatkan performa pada suhu tinggi dengan meningkatkan performa pendinginan mesin dan menggunakan dua cakram rem, dan meningkatkan performa setir dengan memperbarui bushing suspensi dan kontrol sistem damper adaptif." ujar Kakinuma.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Interior strip-back limited edition pada Civic Type R Limited Edition berkontribusi mengurangi 47 kg bobotnya dibandingkan dengan Civic Type R reguler.

Pengetesan performa di sirkuit tersebut dilakukan dalam pengembangan terakhir sebelum produksi. Civic TYPE R Limited Edition telah mencapai waktu putaran tercepat dengan mempertajam keringanan dan kecepatannya serta semakin mengejar performa pengendaraan di sirkuit.

"Saya yakin kami telah selangkah lebih dekat ke mobil sport ideal yang dipikirkan Honda." tutup Kakinuma (Joule)

Tags :