Porsche Cayenne S Coupe Hadir di Indonesia, Maskulinitas dengan Performa Buas!

  • Oleh :

Jum'at, 10/Jul/2020 20:49 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta), 10 Juli 2020 - Porsche Indonesia menghadirkan SUV pertamanya yaitu Porsche Cayenne dengan varian baru yaitu Cayenne S Coupe untuk pasar Indonesia. Cayenne S Coupe hadir sebagai varian yang memiliki performa buas semenjak tenaga mesin Cayenne S Coupe lebih besar dibanding Cayenne Coupe, sekaligus mempertegas kesan maskulinitas eksteriornya.

Mesin V6 2,9 liter twin-turbocharger menghasilkan 324 kW (440 PS), 100 PS lebih besar dari basic modelnya, dan torsi maksimum 550 Nm di rentang 1,800-5,500 rpm menjamin akselerasi lebih kuat dari Cayenne Coupe basic model.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Kedua exhaust pada turbocharger telah diatur sehingga posisi turbo berada di tengah sentral tepat di dalam ruang silinder V. Jalur pembuangan yang lebih pendek antara ruang bakar dan turbocharger juga berpengaruh terhadap respon mesin yang lebih spontan, sekaligus peningkatan tenaga yang lebih cepat.

Exhaust manifold telah terintegrasi ke dalam kepala silinder, dimana hal ini mengurangi berat sekaligus juga memastikan manifold dikelilingi oleh pendingin. Hal ini diperlukan agar memastikan pembakaran yang sangat efisien, terutama dalam performa penuh.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Inovasi ini menghasilkan mesin dengan dimensi yang lebih ringkas, serta memungkinkan sistem turbocharger dipasang di posisi yang lebih rendah di dalam area ruang mesin. Hal ini juga berpengaruh pada turunnya titik pusat gravitasi, sekaligus meningkatkan dinamika lateral.

Cayenne S Coupe mampu berakselerasi dari 0-100 km / jam dalam 5,0 detik, ketika dikombinasikan dengan Sport Chrono Package sebagai standar dan top speed mencapai 263 km/jam. Angka ini turun menjadi 4,9 detik dengan tiga opsi lightweight sports package.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Porsche Cayenne S Coupe (foto: Porsche)

Garis atap yang melandai lebih tajam ke bagian belakang selain performa karena memiliki aerodinamika lebih baik, juga membuat Cayenne Coup tampil sangat dinamis. Kaca depan dan pilar A lebih rendah daripada di Cayenne, berkat tepi atap yang telah diturunkan sekitar 20 milimeter.

Area pintu dan sayap belakang yang baru menghasilkan impresi lekuk samping lebih kekar dan lebar hingga 18 milimeter, berkontribusi pada kesan maskulin secara keseluruhan. Efek ini didukung oleh spoiler atap tetap, yang menonjolkan siluet Coup yang khas.

Meski beratap lebih landai, Porsche tetap mengupayakan bagaimana supaya ruang kepala tetap lapang sehingga tetap memberikan kenyamanan ketika berada di kabin. Oleh karena itu jok belakang Cayenne Coupe lebih rendah 30 mm dibanding Cayenne dan atap model panoramic fixed glass roof dengan luas 2,16 m2 sebagai standar atau atap Carbon berkontur dengan tampilan khas mobil sport sebagai opsional.

Bodi dan Sasis Porsche Cayenne S Coupe (gambar: Porsche)

Di setiap model Cayenne Coup, spoiler atap tetap dikombinasikan dengan adaptive rear spoiler baru sebagai bagian dari Porsche Active Aerodynamics (PAA). Spoiler terintegrasi secara harmonis ke dalam siluet kendaraan dan memanjang hingga 135 milimeter pada kecepatan 90 kjam ke atas, meningkatkan downforce pada roda belakang sehingga menambah stabilitas berkendara.

Selain Sport Chrono Package, peralatan standar termasuk Power Steering Plus yang responsif terhadap kecepatan kemudi, velg 20 inci, Park Assist di bagian depan dan belakang termasuk reversing camera dan Porsche Active Suspension Management (PASM). (Joule)

Tags :