Super Manifold HKS untuk Toyota 86, Biar Larinya "Nampol"!

  • Oleh :

Minggu, 12/Jul/2020 08:30 WIB


Soundandmachine.com (Shizuoka, Jepang) - HKS merilis Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec untuk sportscar Toyota 86 atau Subaru BRZ biar larinya "nampol". Menurut klaim HKS, exhaust manifold merupakan kunci meningkatkan output untuk 86/BRZ.

Catalyst bawaan 86/BRZ dan performa mesinnya tidak dapat ditunjukkan karena ketahanan knalpot bagian tersebut. Oleh karena itu HKS menggunakan catalyst kompak dan resistansi rendah yang telah meningkatkan performa purifikasi, membersihkan gas buang, dan meningkatkan performa output.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec (sumber: HKS)
Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec ketika terpasang (sumber: HKS)

Bagian manifold mengadopsi layout 4-2-1 dengan letupan panjang sama dengan menekankan performa. Bagian catalyst membawa lebih dari jumlah normal logam mulia catalytic yang memengaruhi kinerja purifikasi, dan HKS telah mendesainnya secara khusus agar kompak sambil tetap memenuhi regulasi gas buang.

Kurva peningkatan tenaga (sumber: HKS)

Mengetahui kehilangan tekanan rendah dengan meninjau layout dan catalyst carrier. Performa manifold 4-2-1 didemonstrasikan lebih lanjut, dan memungkinkan meningkatkan output dari kisaran normal ke kisaran rotasi tinggi.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Dalam kisaran normal, kelanjutan akselerator ditingkatkan, membuatnya lebih mudah untuk dikendarai. Selain itu, "rasa standar" dihilangkan dalam rentang rotasi tinggi, dan Anda dapat merasakan kesenangan mengendarai mobil naturally-aspirated (NA).

Dengan asumsi akan digunakan pada sirkuit, Material SUS304 yang memiliki daya tahan sangat baik, digunakan sebagai material utama.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec dengan ECU Flash Editor (foto: HKS)

Untuk pemasangan apabila tidak menggunakan kombinasi dengan ECU HKS Flash Editor, sensor O2 asli harus dipindahkan. Oleh karena itu agar lebih maksimal, disarankan memakai ECU Flash Editor agar torsi sekitar 3.000 hingga 4.500 rpm meningkat, dan akan dapat berputar dengan nyaman dari jangkauan normal ke kecepatan tinggi.

Ketika menggunakan ECU Flash Editor, pastikan perangkat elektronik VAC yang dapat menghilangkan speed limiter dari pabrikan tidak terpasang karena tidak dapat digunakan bersama dengan VAC. Disarankan juga untuk meningkatkan nilai panas busi berdasarkan kondisi berjalan.

Pemasangan parts HKS Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec dengan ECU Flash Editor membuat tenaga dan torsi maksimum meningkat dengan rincian sebagai berikut

Peningkatan tenaga dan torsi untuk 86/BRZ bertransmisi manual (sumber: HKS)
Peningkatan tenaga dan torsi untuk 86/BRZ bertransmisi otomatis (sumber: HKS)

Meski mampu meningkatkan performa mesin, parts tersebut juga memenuhi regulasi emisi gas buang selain karena katalis, juga karena setingan ECU Flash Editor dengan phase2 datanya.

Super Manifold dengan Cataylzer GT-Spec dibanderol mulai dari 140,800 Yen dan 173,800 Yen apabila sepaket dengan ECU Flash Editor. (Joule)

Tags :