Spoon Big Turbocharger Kit untuk Honda Civic Turbo, Dibuat Dari Pengalaman Time Attack!

  • Oleh :

Selasa, 14/Jul/2020 08:00 WIB


Soundandmachine.com (Tokyo, Jepang) - Tuner spesialis Honda, Spoon Sports, bekerjasama dengan HONDATA dalam pembuatan turbocharger khusus Honda Civic Turbo dengan mesin L15-nya yaitu Spoon Big Turbocharger Kit.

Spoon Big Turbocharger kit dibuat berdasarkan pengalaman dalam sebuah pengetesan time attack di sirkuit tahun lalu ketika Civic FK7 mobil demonstrasi Spoon berhasil mengalahkan catatan waktu Civic Type R FK8 standar. Namun ternyata masih belum cukup karena keterbatasan tenaga dan torsi untuk mengalahkan Honda bermesin K20C dengan tenaga lebih besar.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Analisis data ECU HONDATA menunjukkan bahwa peningkatan boost pressure dan tenaga menghasilkan tempratur lebih tinggi di knalpot dan tekanan, hingga membuat turbo tersebut sudah mencapai kapasitas maksimumnya.

Sistem bahan bakar L15C telah memenuhi kapasitas, Spoon berpikiran untuk meningkatkan output dengan mengembangkan turbo berkapasitas lebih besar sehingga kapabel untuk menghasilkan boost lebih besar.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Roda Turbin Spoon Big Turbocharger Kit (foto dan data: Spoon)

Setelah berbulan-bulan pengembangan, Spoon telah menyelesaikan Big Turbocharger Kit yang dibuat tinggal ganti dan pasang karena dudukannya sama seperti turbo bawaan. Spoon Big Turbocharger Kit memiliki kompresor dan roda turbin besar, menggantikan jumlah blade di roda turbin dan desain dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi.

Grafik Peningkatan Tenaga dan Torsi Setelah Pasang Spoon Big Turbocharger Kit (gambar: Spoon)

Hasilnya Spoon Big Turbocharger Kit mampu meningkatkan tenaga dari 166.38 PS menjadi 274.73 PS dan torsi dari 23.25 kgm menjadi 42.17 kgm berdasarkan hasil tes dyno Dynapack oleh Spoon.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

ECU HONDATA Flash Pro (gambar: Spoon)

Apabila memakai ECU HONDATA Flash Pro, peningkatan tenaga bisa mencapai 108 PS dan torsi bisa mencapai 19 kgm dari standar meskipun Big Turbocharger Kit tidak termasuk ECU tersebut. Perlu diingat juga bahwa dibutuhkan kopling berkapasitas tinggi yang berarti akan menjadi concern untuk Civic bertransmisi CVT.

Teknologi dari Mitsubishi Heavy Industries yang dikenal dengan kecanggihan teknologinya membuat Spoon Big Turbocharger Kit mampu memenuhi ketatnya standar konsumsi BBM dan emisi. Teknologi tersebut juga membuatnya mampu meningkatkan output di rotasi tinggi dan torsi di kecepatan menengah dan rendah.

Spoon Civic Hatchback (foto: Spoon)

Meskipun Spoon memakaikan Big Turbocharger Kit untuk mesin L15C yang notabene mesin Civic Hatchback JDM , Spoon menyatakan dalam rilisnya bahwa turbo tersebut bisa untuk Civic FC1 sedan yang mesinnya sama seperti Civic Turbo keluaran ATPM.

Spoon Big Turbocharger Kit (foto: Spoon)

Spoon Big Turbocharger kit dibanderol mulai dari harga 250.000 Yen dan akan dijual 20 Juli mendatang.

(Joule)

Tags :