Mazda Bongo Van dan Truck, Rebadge Toyota Pertama Rakitan Indonesia!

  • Oleh :

Sabtu, 18/Jul/2020 08:00 WIB


Soundandmachine.com (Hiroshima, Jepang), 17 Juli 2020 - Mazda kembali merilis kendaraan niaga untuk pasar Jepang (JDM) yang merupakan rebadge dari produk Toyota yaitu Mazda Bongo Van dan Bongo Truck yang berbasis Toyota Town Ace atau Daihatsu Gran Max.

Semenjak rebadge Town Ace atau Gran Max, Bongo Van dan Bongo Truck menjadi Mazda JDM pertama yang dirakit di Indonesia, tepatnya PT. Astra Daihatsu Motor.

Baca Juga:
Kosongan, Mobil JDM ini Sengaja Dibuat untuk Dimodifikasi Balap

Mazda Bongo Van DX (foto: Mazda)

Secara produk Bongo Van dan Bongo Truck benar-benar sama seperti Town Ace semenjak sama-sama memiliki 2 tipe, berbeda dengan Gran Max yang hanya tersedia satu tipe dan itupun tertinggi.

Interior Mazda Bongo Van DX (foto: Mazda)

Tak terkecuali interior yang sama persis dengan Town Ace kecuali logonya, begitu juga varian penggerak dan transmisi untuk menyalurkan mesin 1,500 cc 2NR-VE. Artinya secara fisik, letak perbedaan antara Bongo dan Town Ace benar-benar sebatas logo dan penamaan tentunya.

Baca Juga:
Mazda Hadirkan Promo menarik Dalam Program Service Campaign 2020

Mazda Bongo Van STD (foto: Mazda)

Letak perbedaan Bongo dan Town Ace ada di bagian non-fisik seperti penamaan varian yaitu untuk tipe DX kalo di Town Ace berarti tipe termurah, sedangkan di Bongo merupakan tipe termahal dan tipe termurahnya bernama STD.

Mazda Bongo Truck DX (foto: Mazda)
Mazda Bongo Truck STD (foto: Mazda)

Selain perbedaan nama varian, juga harga yang notabene Bongo sedikit lebih mahal dibanding Town Ace, tepatnya untuk model pikap Town Ace termurahnya 1,677,000 Yen, sedangkan Bongo 1,680,800 Yen. Hal tersebut wajar mengingat Mazda relasinya partnership dengan Toyota, berbeda dengan Daihatsu yang relasinya anak perusahaan Toyota dan Gran Max menggantikan Lite Ace.

Baca Juga:
Mazda MX-30 Mild Hybrid, Memperkuat Zona Elektrifikasi Eksklusif

Mazda Bongo Brawny (foto: Mazda)
Mazda Familia Van (foto: Mazda)

Bongo merupakan produk ketiga Mazda yang rebadge dengan produk Toyota setelah Bongo Brawny dari Hiace dan Familia Van dari Probox.

Bongo merupakan produk van Mazda yang diproduksi sejak tahun 1966 hingga membentuk sebuah nama dengan DNA muat banyak baik itu penumpang maupun barang. Bongo sempat beredar di Indonesia, tepatnya Bongo Wagon yang menjadi basis E2000. (Joule)

Tags :