Toyota Jepang Resmi Merilis Wujud dan Spesifikasi Yaris Cross

  • Oleh :

Kamis, 23/Jul/2020 16:40 WIB


Soundandmachine.com (Aichi, Jepang) - Toyota Motor Corporation telah merilis model pra-produksi SUV/crossover kompaknya yaitu Toyota Yaris Cross untuk pasar Jepang.

Sejumlah spek telah dirilis oleh Toyota meskipun dipasarkan di Jepang baru beredar bulan September 2020 yang menawarkan sejumlah kepraktisan.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Eksterior Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Eksterior sama seperti ketika debutnya yang lebih kentara elemen desain SUV Toyota dibanding Yaris-nya itu sendiri. Elemen Yaris sebatas wajah dan kompaknya, selebihnya lebih ke SUV Toyota.

Tampak samping Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Meski demikian, kompaknnya itu sendiri dengan panjang 4,180 mm. lebar 1,765 mm, dan tinggi 1,560 mm serta sumbu roda 2,560 mm sudah terbayang kepraktisannya ketika dikendarai terutama bermanuver.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Interior Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Interior juga sama seperti ketika pertama diperkenalkan yang notabene elemen Yaris lebih kuat di interior ketimbang eksterior meski dibedakan dengan coraknya.

Bagasi Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Meski berdimensi kompak dan interior Yaris tak ubahnya Yaris biasa, kepraktisan Yaris Cross melebihi ukuran kompaknya karena dari kapasitas bagasinya saja sudah 390 L dalam kondisi jok belakang tegak hingga menjadi yang terbesar di kelasnya.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Konfigurasi bagasi Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Jok belakang dapat diatur dengan beragam konfigurasi seperti selain standar dengan semua jok tegak, juga 4:24, 6:4. dan flat mode atau jok belakang tiduran semua.

Hands-free power back door Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Masih soal kepraktisan, Yaris Cross juga dilengkapi hands-free power back door pertama di compact SUV Toyota yang membuat pengemudi dapat membuka pintu bagasi tanpa menyentuh pintunya. Setelah mengantongi smart key, arahkan kaki ke bagian bawah bumper belakang dan pintu bagasi akan otomatis terbuka.

Advanced Park Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Advance Park dengan panoramic monitor merupakan yang pertama di SUV Toyota. Ketika parkir, pengoperasian setir, pedal gas, dan dan rem akan dikontrol oleh sistem melalui camera dan sonar untuk memonitor ketika sistem bekerja sampai selesai.

Sistem e-Four Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)
Multi Terrain Select Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Salah satu fitur yang paling istimewa untuk ukuran compact SUV adalah fitur varian 4WD-nya yaitu multi-terrain select yang membantu menghadapi berbagai kondisi permukaan jalan dan mode trail yang membantu mobil keluar ketika terperosok.

https://www.youtube.com/watch?v=v4vh7IgYuQI&feature=emb_title

Seperti misalnya ketika roda kiri belakang terperosok, dengan mengaktifkan mode trail dan menginjak gas sambil menginjak rem, distribusi torsi diarahkan ke roda kiri-belakang dan roda kanan belakang sehingga kedua roda tersebut yang akan berputar hingga mobil keluar.

Sistem tersebut akan lebih optimal jika bermesin hybrid karena sistem e-Four-nya akan memakai motor listrik untuk memaksimalkan kerja 4WD dan multi-terrain select.

Radar Cruise Control Toyota Yaris Cross (foto: Toyota)

Radar cruise control dengan gelombang radar milimeter dan kamera monokuler yang bekerja menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya ketika berjalan mengurangi lelah ketika berkendara sekaligus lebih terhindar dari resiko tabrakan beruntun terutama di jalan tol.

Adaptive High Beam System (foto: Toyota)

Adaptive High Beam yang pertama di compact SUV Toyota membantu mengurangi silau karena memotong cahaya penerangan ketika berpapasan atau berada di belakang mobil pada malam hari.

Yaris Cross tersedia varian 2WD dan 4WD untuk masing-masing varian mesin yaitu bensin 1,500 cc 3-silinder dynamic force dan hybrid dengan mesin bensin 1,500 cc 3-silinder dynamic force ditambah Toyota Hybrid System. (Joule)

Tags :