Dry Carbon Racing Suction HKS untuk Toyota GR Supra; Mudah Dipasang, Efek Lebih `Nendang`

  • Oleh :

Rabu, 05/Agu/2020 17:42 WIB


SoundandMachine (Osaka, Jepang), 5 Agustus 2020 - HKS merilis Dry Carbon Racing Suction untuk intake Toyota GR Supra bermesin B58 3,000 cc seperti keluaran ATPM.

Intake dry carbon racing suction HKS membuat tarikan GR Supra lebih nendang dari segi tenaga dan kesenangan berkendara namun komponennya sendiri mudah dipasang karena sudah dirancang khusus.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Menariknya intake dry carbon racing suction HKS membuat kenaikan suhu lebih terkendali berkat material pipa yang dipakainya, termasuk dalam kondisi stop & go atau berada di tengah kemacetan, sehingga durabilitas komponennya tidak diragukan lagi.

Intake standar dan dry carbon racing suction HKS untuk Toyota GR Supra (sumber: HKS)
Perbandingan kenaikan suhu dengan dry carbon racing suction HKS (sumber: HKS)

Pipa intake bermaterial CFRP selain lebih ringan 1 kg dibanding bawaannya yang berbahan aluminum juga mengurangi kenaikan suhu temperatur pada pipa, begitu juga retensinya dan HKS mengklaim bahwa itu berefek ketika dalam kondisi stop & go.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Tampilan komponen seperti ini juga membuat ruang mesin terlihat lebih menyiratkan kesan performa karena selain corak karbon juga kubah power flow-nya.

Flow bench test dry carbon racing suction HKS (sumber: HKS)
Hasil performa data setelah di dyno dengan dry carbon racing suction HKS (sumber: HKS)

Nilai resistensi ventilasi 7 kPA membuat jumlah udara masuk meningkat sekitar 13% dan tenaga meningkat hingga sekitar 59 tenaga kuda dibanding bawaannya dan masih bisa memakai ECU standar.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Diperkirakan akan lebih terasa jika dipasangkan dengan produk performa HKS lainnya seperti super turbo muffler dan mastery ECU yang saat ini dalam pengembangan.

Komparasi suara turbin belakang dengan dry carbon racing suction HKS (sumber: HKS)

Dry carbon racing suction juga menambah kesenangan berkendara karena power flow body dan koneksi pipa intake sebesar ?100 pengendara dapat menikmati suara intak dan saat lepas gas, suara turbin belakang meningkat tajam, dan pengemudi dapat menikmati suara crisp-nya.

Pemasangan Dry Carbon Racing Suction HKS untuk intake Toyota GR Supra (foto: HKS)

Pemasangan dry carbon racing suction tergolong mudah karena sudah dirancang khusus sehingga untuk memasangnya hanya perlu sekali tekan ke turbin inlet bawaan seperti memasang intake standarnya.

Dry Carbon Racing Suction HKS untuk intake Toyota GR Supra (foto: HKS)

HKS dry carbon racing suction dibanderol 107,800 Yen atau sekitar 14.8 Juta Rupiah. Untuk lebih detail soal HKS dry carbon racing suction, simak video berikut,

https://www.youtube.com/watch?v=c4O9EWc6kmw&feature=emb_title

Ternyata upgrade mesin tidak selamanya akan merepotkan ya, baik dari segi pemasangan maupun efek pemakaian.

(Joule)

Tags :