Cara Mudah Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof

  • Oleh :

Kamis, 03/Sep/2020 19:40 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Beberapa mobil keluaran terbaru yang beredar di Indonesia, saat ini telah dilengkapi fitur sunroof atau panoramic sunroof sebagai perlengkapan standar.

Selain menjadikan mobil tampak lebih mewah, keberadaan jendela kaca di atap tersebut, memiliki beberapa fungsi lain. Salah satunya menghadirkan cahaya yang lebih terang di dalam kabin.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Hadirnya atap sunroof dan panoramic sunroof, tentunya tidak boleh dianggap hanya sebagai aksesori semata. Sebab, peranti tersebut juga butuh perawatan khusus agar fungsinya dapat terus terjaga.

Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak mengatakan, poin utama yang harus diperhatikan para pemilik kendaraan yang memiliki sunroof maupun panoramic sunroof adalah menghindari parkir di bawah terik matahari langsung.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

"Fitur tersebut tetap memerlukan perawatan rutin bagi penggunanya yang tinggal di negara beriklim tropis, hal ini dilakukan untuk memperpanjang usia pakainya serta dapat mencegah terjadinya kerusakan seperti kebocoran," kata Rafi`i.

Lebih lanjut ia mengatakan, sunroof dan panoramic sunroof pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Akan tetapi untuk perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, kadang-kadang dapat mengganggu fungsinya.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Salah satu kerusakan yang kerap terjadi, karet menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung.

Akibatnya, lama kelamaan proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan menjadi kurang rapat dalam menutup sunroof tersebut.

"Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih dengan selalu diupayakan diparkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama," pungkas Rafi`i.

Merawat sunroof dan panoramic sunroof memang tak jauh berbeda dengan merawat kaca depan mobil. Materialnya sama, hanya saja kaca pada sunroof dan panoramic roof lebih tebal dibanding kaca depan.

Selain itu, untuk menghindari timbulnya jamur pada kaca sunroof, segera keringkan dengan lap apabila terkena air hujan atau sehabis mencuci. (EPS)

Tags :