Dukung Konektivitas di Jabodetabek, Pengerjaan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran Dikebut

  • Oleh :

Jum'at, 04/Sep/2020 09:56 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus berupaya untuk meningkatkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan, baik jalan tol maupun jalan nasional.

Salah satu ruas tol, yang saat ini tengah dikebut penyelesaiannya adalah Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km. Ruas tol tersebut, progresnya telah mencapai 86,46%.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran merupakan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II).

"JORR II akan mendukung konektivitas di kawasan metropolitan Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya. Selain itu, juga bisa menjadi jalan distribusi logistik dari dan ke kawasan industri sekitar Jakarta seperti Banten," ujarnya.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi 6 ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Kunciran - Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong - Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere - Jagorawi (14,64 Km), Jalan Tol Cimanggis - Cibitung (25,39 Km), Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km).

Sementara Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran sendiri terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, dan Seksi II (Tirtayasa Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

"Kemudian Seksi III (Benteng Betawi H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara SS Benda) sepanjang 99,81 Km," jelas Danang dalam keterangan resminya Jumat, (04/09).

Ia menambahkan, untuk Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) diharapkan selesai konstruksi pada akhir tahun 2020.

Jalan Tol ini juga diharapkan menjadi akses tol alternatif, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya.

"Selanjutnya, Jalan Tol ini juga akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran - Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu," pungkas Danang. (EPS)

Tags :