Impresi Kejayaan Otomotif 1990-an, Toyota Resmi Merilis GR Yaris untuk Pasar Jepang

  • Oleh :

Jum'at, 04/Sep/2020 19:00 WIB


SoundandMachine (Aichi, Jepang), 4 Agustus 2020 - Toyota Motor Corporation telah resmi memasarkan sports hatchback-nya yaitu Toyota GR Yaris.

GR Yaris memberikan banyak impresi salah satu kejayaan otomotif dunia, yaitu tahun 1990-an, di era modern seperti ini.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Pertama dari styling hatchback tiga pintu yang notabene manufaktur lain kebanyakan sudah menyerah memasarkannya dan Toyota masih konsisten memasarkan hatchback tiga pintu meski frekuensinya tidak sesering dulu namun baru GR Yaris tidak dijual terbatas.

Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Hatchback tiga pintu dengan garis bodi membulat dan proporsi rebah jelas mengingatkan kita pada hatchback tahun 90-an, sebut saja Honda Civic EG6 atau biasa disebut Civic Estilo.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Selain itu garis bumper kakunya juga mengingatkan mobil performa tinggi era 1990-an, karena mobil tahun 1990-an umumnya memiliki garis bumper kaku.

Interior Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Interior yang sangat terlihat sederhana memberi impresi berada di mobil tahun 1990-an. Bukan hanya dari bentukan dasbor kaku bawaan Yaris yang ada kesan mobil 90-an, tetapi juga panel instrumen berdesain sederhana turut menyiratkan kesan good old-fashioned era 1990-an.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Kehadiran layar Multi-Information Display memang terlihat kurang menyatu dengan desain panel instrumen, namun kami yakin orang hanya mengejar fungsinya untuk memantau performa mobil seperti kerja 4WD dan beberapa fungsi lainnya.

Mesin 3-silinder Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Mesin 3-silinder 1.600 cc turbo berkode G16E-GTS dengan tenaga maksimum 272 PS atau sekitar 268 dk mengingatkan era pembatasan tenaga kuda berdasarkan gentlemen agreement Jepang yaitu 280 PS atau sekitar 276 dk.

Toyota memang tidak memiliki sejarah mesin 3-silinder di tahun 1990-an, namun suara mesin 3-silindernya mengingatkan mesin inline-6 turbo Toyota yang notabene salah satu kejayaan Toyota di era 1990-an.

Transmisi manual 6-percepatan Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Mesin 3-silinder tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan yang notabene di tahun 1990-an mobil performa tinggi Jepang kebanyakan masih bertransmisi manual 5-percepatan dan mobil produksi bertransmisi manual 6-percepatan di zaman itu hanya Mitsubishi GTO dan Toyota Supra.

Namun masih ada rasa kejayaan tahun 1990-an, seperti Celica GT-Four spesifikasi kejuaraan reli dunia (WRC) dengan transmisi Xtrac 6-percepatan dan Supra sebagai mobil produksi Jepang pertama bertransmisi manual 6-percepatan.

Sistem 4WD GR-Four Toyota GR Yaris (foto: Toyota)

Sistem 4WD GR-Four semakin mengingatkan kejayaan otomotif 1990-an karena di zaman itu banyak industri otomotif terutama partisipan reli membuat mobil dengan penggerak 4WD untuk memenuhi homologasi Grup A dari Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Sebut saja untuk mobil Jepang ada Mitsubishi Lancer Evolution, Subaru Impreza WRX STI, Nissan Pulsar GTi-R, dan Mazda Familia GTR.

Toyota Celica GT-Four RC (foto: Toyota)
Toyota Celica GT-Four WRC (foto: Toyota)

Termasuk Toyota seperti Celica GT-Four dengan juara WRC empat kali-nya. Namun jangan salah, Toyota juga pernah membuat hatchback tiga pintu dan 4WD namun Starlet 3-pintu biasa dengan penggerak 4WD untuk melewati medan licin di Jepang, bukan Starlet GT.

Toyota menyediakan empat varian GR Yaris yaitu RZ "High Performance", RZ, RS dengan mesin M15A-FKS 1.500 cc bertransmisi CVT untuk pembeli yang hanya sekedar gaya tanpa menikmati performanya dan RC atau versi motorsport base dengan harga sebagai berikut,

RZ "High Performance" 4,560,000 yen atau sekitar Rp. 633,5 juta

RZ 3,960,000 Yen atau sekitar Rp. 550 juta

RS 2,650,000 Yen atau sekitar Rp. 368,1 juta

Toyota GR Yaris RC (foto: Toyota)

RC 3.300.000 Yen atau sekitar Rp. 458,4 juta

Menariknya Toyota menyediakan varian motorsport base dengan nama GR Yaris RC dan nama varian RC-nya saja mengingatkan Celica GT-Four RC, Celica yang dibuat untuk memenuhi homologasi FIA pada awal tahun 1990-an agar bisa mengikuti kejuaraan WRC.

Elemen zaman sekarang pada GR Yaris lebih kepada teknologi seperti bodi yang bukan hanya ringan tetapi juga kuat dan memiliki kekakuan tinggi. struktur kaki-kaki, dan teknologi 4WD GR-Four serta Torsen LSD-nya.

GR Yaris memang terlahir dan dibuat untuk era modern dengan segala macam kecanggihannya namun sangat merepresentasikan kejayaan otomotif era 1990-an serta puncak kejayaan Toyota dalam membuat mobil performa tinggi sepenuhnya tanpa campur tangan merk lain.

Tak disangka Yaris bisa jadi superior seperti ini. (Joule)

Tags :