Dihargai Lebih Dari Rp 9 Miliar, Maserati MC20 Goda Kaum Kaya Indonesia

  • Oleh :

Jum'at, 11/Sep/2020 15:05 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Setelah membuat pecinta otomotif penasaran terhadap sosoknya, Maserati akhirnya resmi meluncurkan super sports car anyar bernama MC 20 di Modena, Italia pada 9 September 2020 dalam acara "MMXX: Time to be audacious".

Mobil berdesain eksotis ini, disebut memadukan performa, sporty dan kemewahan dalam rancangan unik khas pabrikan Italia. Nama MC sendiri merupakan sebuah kode, yang memiliki arti Maserati Corse. Sedangkan angka 20, merujuk pada tahun 2020.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Jason Broome selaku Managing Director Eurokars Group mengatakan, Maserati telah membuka keran pemesanan untuk konsumennya di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, mobil tersebut baru akan diproduksi akhir tahun ini dan dijadwalkan sampai ke konsumen awal tahun 2021.

"MC20 akan masuk ke pasar Indonesia pada awal tahun 2021. Sekitar bulan Januari atau Februari tahun depan, dengan harga off the road sekitar Rp 9 miliar, atau Rp 12- 13 miliar bila termasuk pajak," ujar Jason saat acara peluncuran secara virtual di Jakarta, (09/10).

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Selain memiliki bodi yang menarik, MC20 juga dibekali mesin bertenaga buas yang diproduksi sendiri oleh Maserati. Hal ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh pabrikan berlogo Trisula tersebut, setelah 20 tahun.

Selama ini, Maserati diketahui menggunakan mesin yang dipasok oleh pabrikan lain. "Mesin ini menandakan kembalinya Maserati dalam memproduksi jantung pacu sendiri, usai beristirahat selama lebih dari 20 tahun," ungkap Jason.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Maserati MC20, menggunakan mesin Nettuno berkonfigurasi V6 3.000 cc MTC twin turbo. Dapur pacu tersebut, sanggup menghasilkan tenaga hingga 630 hp pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi mencapai 730 Nm pada 3.000 - 5.500 rpm.

Memiliki tenaga yang besar, membuat MC 20 dapat melesat dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik.

Sementara kemampuan akselerasi dari 0 - 100 km/jam bisa diraih dalam waktu 8,8 detik. Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, MC20 sanggup melesat hingga kecepatan tertinggi di angka 320 km/jam.

"MC20 adalah mobil yang sangat ringan dengan bobot total di bawah 1.500 kg. Karenanya, mobil ini menjadi super sports car terbaik di kelasnya dalam hal rasio berat dengan tenaga, yakni 2,33 kg/hp," jelas Jason.

Menariknya, MC20 mengadopsi pintu Butterfly door atau pintu ala sayap kupu-kupu. Tidak hanya sangat cantik, namun pintu jenis ini juga dianggap lebih fungsional, lantaran dapat meningkatkan akses masuk maupun keluar kabin.

Selain itu, MC20 juga dibelaki beragam fitur canggih, seperti charger smartphone nirkabel, kenop pemilih mode mengemudi (GT, Wet, Sport, Corsa dan ESC Off), dua tombol pilihan kecepatan, kontrol power window, serta kontrol peranti multimedia. (EPS)

Tags :