Hat-trick Kemenangan, Target Toyota Dalam Ajang Ketahanan Le Mans 24 Jam 2020

  • Oleh :

Jum'at, 11/Sep/2020 20:00 WIB


SoundandMachine (Cologne, Jerman), 11 September 2020 - Meneruskan kejayaan dua tahun sebelumnya, Toyota melalui divisi balapnya Toyota Gazoo Racing akan membidik hat-trick kemenangan ajang ketahanan Le Mans 24 Jam yang diadakan pada tanggal 19 September 2020 mendatang.

"Le Mans 24 Jam adalah acara utama tahun kami; itu adalah target utama dan selalu tantangan terbesar." ungkap Hisatake Murata, Team President Toyota Gazoo Racing. "Kami bangga mempersiapkan balapan ini sebagai juara dua kali dan kami memberikan segalanya untuk memenangkan Le Mans ketiga berturut-turut." tambahnya.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Bukan tanpa alasan Toyota membidik hattrick sebagai tantangan karena merupakan Le Mans terakhir di era LMP1, dan akan membuat TOYOTA GAZOO Racing menguasai secara permanen trofi pemenang saat ini.

Dengan mesin bertenaga sekitar 986 dk dan berpenggerak empat roda, TS050 HYBRID hadir dalam dua putaran kemenangan pada debutnya di tahun 2016 sebelum memenangkan Le Mans berturut-turut pada 2018-2019.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

TS050 HYBRID telah menetapkan standar baru dalam hal efisiensi yang terbukti dari selain mendapatkan tempatnya dalam buku sejarah sebagai pemenang Le Mans pertama Toyota, juga mobil tercepat yang pernah ada di Circuit De La Sarthe berkat lap posisi terdepan Kamui Kobayashi pada tahun 2017.

60% energi pengereman dipulihkan, menghasilkan sekitar 3.000 MJ dorongan hibrida selama 24 jam, mewakili peningkatan 150% sejak 2012.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Secara paralel, konsumsi bahan bakar telah berkurang sebesar 35% dari 2012 hingga 2019 sementara waktu putaran meningkat sekitar 10 detik per putaran dalam periode yang sama.

Dua TS050 HYBRID akan bertarung melawan empat mesin LMP1 lainnya di grid 60 mobil, dengan gelar FIA World Endurance Championship (WEC).

Pembalap # 7 TS050 HYBRID yaitu Mike Conway, Kamui Kobayashi dan Jos Mara Lpez, pemenang Total 6 Hours of Spa memimpin klasemen dengan 12 poin di depan dari trio pembalap #8 yaitu Sbastien Buemi dan Kazuki Nakajima, pemenang di Le Mans selama dua tahun terakhir, serta Brendon Hartley

Selama hampir 11 jam latihan dan kualifikasi dijadwalkan pada Kamis 17 September mendatang yang akan menjadi hari melelahkan bagi para pembalap dan anggota tim.

Setelah latihan satu jam pada hari Jumat pagi, grid awal akan ditentukan oleh sesi hiperpole baru yang menampilkan enam mobil teratas dari setiap kelas bertarung untuk posisi terdepan.

Toyota akan mengejar posisi terdepan keenam, dan keempat berturut-turut, untuk naik level dalam daftar rekor sepanjang masa dengan Peugeot di tempat ketiga dan mendapatkan tempat awal yang ideal untuk balapan hari Sabtui pada pukul 14.30 dan akan berjalan dalam kegelapan hampir setengah dari 24 jam.

Semoga beruntung, Toyota. (Joule)

Tags :