N-ONE Generasi Kedua, Honda RS Pertama Bermesin Turbo dengan Manual 6-Percepatan

  • Oleh :

Jum'at, 11/Sep/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Tokyo, Jepang), 11 September 2020 - Honda akan memperbarui produk kei-car dengan emblem Road Sailing (RS) yaitu Honda N-ONE RS untuk pasar Jepang yang sekarang sudah memasuki generasi kedua.

Honda N-ONE RS Generasi Pertama (foto: Honda)

Emblem RS di N-ONE memang bukan hal baru, namun pembaruan tersebut membuat N-ONE RS berbeda dibanding sebelum mengalami perubahan yaitu styling dan transmisi manual 6-percepatan pertama yang menyalurkan mesin turbo untuk Honda RS.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Seperti yang kita ketahui, pemasaran Honda dengan emblem RS di Jepang berbeda dengan di Indonesia, seperti RS Honda Jepang terdiri dari Vezel (HR-V) dan N-ONE, sedangkan RS di Indonesia terdiri dari Brio, Mobilio, Jazz, dan Civic Hatchback.

Honda N-ONE RS Generasi Kedua (foto: Honda)

Styling yang masih sederhana, terdiri dari bentuk lingkaran, persegi, dan trapezoidal, menyiratkan kesan retro ditambah elemen sporti dari gril trapezoidal, pelek mesh, dan aksen hitam khas Honda RS membuat N-ONE terlihat lebih menarik dibanding pendahulunya.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Transmisi Manual Honda N-ONE RS Generasi Kedua (foto: Honda)

Transmisi manual 6-percepatan dan N-ONE RS merupakan perbedaan paling nyata karena sebelumnya hanya tersedia transmisi CVT.

Honda N-ONE di Ajang Balap N-ONE Owners Cup (foto: Honda)

Meski N-ONE kiprahnya di ajang motorsport tidak seperti saudaranya yaitu Honda Fit, atau Jazz jika di Indonesia, kei-car seperti N-ONE termasuk dipakai di ajang balap yaitu ajang one-make race N-ONE Owners Cup.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

Sepertinya karena potensi balap tersebut membuat Honda merilis kei-car bertransmisi manual. Ibarat Honda memasarkan Fit yang awalnya hanya tersedia transmisi CVT, namun karena potensi balap membuat Honda merilis varian transmisi manual.

Meski bertransmisi manual, N-ONE tetap dilengkapi sistem keselamatan preventif Honda SENSING dan Honda sudah menerapkan Honda SENSING di mobil transmisi manual seperti Civic Hatchback, S660, NVAN, dan pikap Acty.

Honda N-ONE Generasi Kedua "Original" (foto: Honda)
Honda SENSING Honda N-ONE Generasi Kedua "Premium/Premium Tourer" (foto: Honda)
Interior Honda N-ONE Generasi Kedua (foto: Honda)

RS bukan satu-satunya varian N-ONE, karena bagi yang tidak selera dengan sportinya RS masih ada Original yang lebih kentara aura retronya atau Premium/Premium Tourer dengan penampilan elegan dengan garis di gril dan pelek mesh berwarna terang meski tidak lepas dari aura retro.

Lucu ya. (Joule)

Tags :