Dukung Pengurangan Sampah Plastik, Bridgestone Perkenalkan Label Baru

  • Oleh :

Minggu, 13/Sep/2020 16:11 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Kampanye untuk menghentikan penggunaan kantong plastik dan barang lain yang menggunakan material plastik, sedang gencar dilakukan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut bertujuan, untuk mengurangi sampah plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Sebab, sampah plastik merupakan jenis sampah yang sulit untuk diurai, apalagi bila sampah tersebut kemudian tanpa sengaja termakan oleh binatang liar di alam bebas.

Baca Juga:
Lebih Gagah dan Mewah, Toyota Fortuner Facelift Resmi Dirilis

Hal ini sejalan dengan target pemerintah Republik Indonesia yang tercantum pada Peraturan Presiden No. 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, untuk dapat mengurangi 30% jumlah sampah pada tahun 2025.

Saat ini, ada lebih dari 30 kota/kabupaten di Indonesia yang mulai menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai, termasuk di DKI Jakarta untuk mengurangi potensi potensi sampah plastik.

Baca Juga:
Berikan Rasa Nyaman, BMW Astra Tingkatkan Layanan Sesuai Protokol Kesehatan Covid-19

Tak mau ketinggalan, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari group Bridgestone Corporation, juga turut andil dalam gerakan pengurangan sampah plastik ini.

Pada awal September 2020 ini, Bridgestone Indonesia memperkenalkan label ban baru dengan tampilan yang lebih ringkas, dan memiliki ukuran yang setidaknya 40% lebih kecil dari label ban sebelumnya yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia.

Baca Juga:
Pandemi Bukan Halangan, Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Bersamaan

"Mengingat penggunaan label ban masih diharuskan di pasar Indonesia, kami memaksimalkannya dengan membuat desain yang lebih ringkas dan menarik," ujar Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan angka penjualan rata-rata tahunan Bridgestone di Indonesia, inisiatif untuk mengurangi ukuran label ban ini diperkirakan dapat membantu mengurangi sampah plastik sebesar 7-ton setiap tahunnya.

Label yang terdapat pada setiap ban berisikan informasi terkait produk ban, informasi produsen, pemenuhan standar dan sertifikasi yang diperlukan dan petunjuk penggunaan.

Label baru pada Ban Bridgestone di pasar Indonesia ini, juga dilengkapi dengan penyematan QR code yang memungkinkan pelanggan lebih mudah dalam mengakses fitur produk, serta informasi produk penting lainnya.

"Inisiatif ini tentunya sejalan dengan misi CSR Global Bridgestone yaitu `Our Way to Serve`, yang merupakan komitmen nyata Bridgestone untuk selalu menyumbang masyarakat dengan mutu tertinggi serta membantu memastikan lingkungan yang sehat bagi generasi kini dan mendatang," pungkas Mukiat. (EPS)

Tags :