Rem Lebih Akurat, Tuner Mazda AutoExe Mengembangkan Brake Pad MX-5

  • Oleh :

Minggu, 20/Sep/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Tokyo, Jepang), 19 September 2020 - Tuner spesialis Mazda, Autoexe, sedang mengembangkan brake pad khusus Mazda Roadster atau MX-5 jika di Indonesia.

Meski sebatas brake pad, pengembangan tersebut nantinya akan menawarkan performa pengereman yang lebih akurat dibanding sport brakepad pada umumnya.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Brake pad yang dikembangkan oleh Autoexe (foto: Autoexe)

Tujuan dari pengembangan brake pad tersebut agar sinkron dengan sensibilitas pengemudi sehingga pengereman bisa dilakukan lebih akurat.

Arahnya sama dengan sports brake pad untuk jalanan pada umumnya, tetapi perbedaannya adalah pada situasi yang diasumsikan.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Material gesekan telah dikurangi untuk memiliki kemampuan kontrol sangat baik di daerah beban tinggi yang keras dari jalanan berliku-liku ke sirkuit.

Bahan pemoles dipilih dan dicampur dari lebih dari 15 jenis bahan baku sesuai pengaplikasian yang kebanyakan terbuat dari logam agar lebih tahan terhadap pudar.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Namun karena bahan ini sangat agresif terhadap rotor rem, maka perlu dicampur bahan karbon untuk membentuk lapisan tipis pada permukaan geser dan berani menggesernya.

Dengan menyesuaikan rasio pencampuran bahan yang saling bertentangan, kisaran suhu akan ditentukan sesuai kemampuan pengendalian, stabilitas, dan lainnya.

Pengereman Mazda MX-5 (foto: Autoexe)

Hasilnya, suhu rotor yang tepat untuk pad baru adalah 50-800 C, dan kisaran suhu di mana 100% performa yang diinginkan dapat dicapai adalah sekitar 400-450 C.

Pad baru ini tidak serba guna seperti untuk jalanan, tetapi memiliki "efek" yang dapat dikontrol dengan tenang di area dengan suhu dan beban tinggi.

Untuk tanggal perilisan brake pad tersebut belum diketahui dan pihak Autoexe juga masih belum membuka pre-order.

Brake pad saja pengembangannya bisa secermat ini ya. (Joule)

Tags :