Juara WRC Empat Kali Tommi Makinen Ditunjuk Menjadi Motorsport Advisor Toyota

  • Oleh : anto

Rabu, 23/Sep/2020 17:00 WIB


SoundandMachine (Jepang), 22 September 2020 - Juara empat kali World Rally Championship (WRC) Tommi Makinen ditunjuk menjadi Motorsport Advisor Toyota mulai Januari 2021.

https://www.youtube.com/watch?v=Rf6aNsSWpCQ

Baca Juga:
Paket Komplit untuk Mobilitas Ramah Lingkungan, Toyota Perkenalkan RAV4 GR Sport di JAW 2023

Di balik penunjukan tersebut terdapat kontribusi mengesankan Tommi yaitu menghidupkan kembali operasi World Rally Toyota dari 2017 yang sempat terhenti pada tahun 1999.

"Tujuan dari proyek Toyota WRC adalah untuk memulai kembali operasi reli dunia secara efektif dengan organisasi fleksibel yang hanya dapat dicapai oleh perusahaan kecil." ujar Tommi.

Baca Juga:
Ramah Lingkungan Tetap Fun to Drive, Toyota Luncurkan Corolla Cross Hybrid GR Sport di IIMS 2023

Tommi dan tim profesionalnya di Tommi Mkinen Racing Oy membantu Toyota mengembangkan mobil reli yang sangat kompetitif dan juga membangun tim TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (WRT), untuk menjalankannya di level tertinggi reli dunia, FIA World Rally Championship.

Baca Juga:
Bukan LCGC Lagi, Toyota All-New Agya GR Sport Naik Kelas. Harganya Masih Terjangkau?

Kiprah Toyota pasca kembali di ajang WRC (foto: Toyota)

Memasuki 2018, tahun kedua kembalinya Toyota di ajang reli, Toyota mendapat gelar juara dunia pabrikan, dan pada 2019 mereka memenangkan gelar juara dunia pembalap dan co-driver.

Alhasil, proyek WRC yang dibangun oleh Tommi Mkinen Racing Oy (TMR) dan TOYOTA GAZOO Racing WRT serta desain dan pengembangan World Rally Cars akan dikelola langsung oleh Toyota.

Mulai tahun 2021, operasi WRC akan dijalankan oleh TOYOTA GAZOO Racing Europe GmbH, perusahaan grup Toyota yang bertanggung jawab atas fungsi inti motorsport Toyota di Eropa.

"Saya tidak sabar untuk melanjutkan pekerjaan bersamanya, merancang masa depan Toyota di bidang motorsport." ungkap Tommi.

https://www.youtube.com/watch?v=6syAjgn-9Tg

Rencananya resolusi Tommi melalui TMR-nya dimanfaatkan dengan belajar dari pengetahuan motorsportnya untuk pengembangan kendaraan Toyota kemudian menghubungkannya dengan pengembangan bisnis tertentu.

"Berkat dukungannya, kami bisa menang di WRC dan dengan memanfaatkan keahliannya, kami dapat menciptakan GR Yaris, sebuah sportscar 4WD." ungkap Akio Toyoda, Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation.

Toyota juga akan memperkuat sistem perusahaan, termasuk percepatan pelatihan praktis sumber daya manusia.

Kiprah Tommi Makinen sebagai pereli WRC (foto: Toyota Gazoo Racing)

Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition (foto: Mitsubishi)

Tommi Mkinen merupakan pereli yang menjuarai WRC sebanyak empat kali berturut-turut dengan mobil Mitsubishi Lancer Evolution. Atas dedikasinya, Mitsubishi sampai memakai namanya dalam penjualan sedan sportnya yaitu Mitsubishi Lancer Evolution VI Tommi Mkinen Edition.

"Selain memberikan nasihat ahli tentang cara memenangkan balapan, seperti yang telah dilakukannya, kami mengharapkan dia untuk memberikan berbagai nasihat sehingga Toyota dapat memproduksi mobil yang lebih baik." ungkap Akio.

Sukses sebagai pereli, sukses sebagai nahkoda tim reli, salut dan angkat topi. (Joule)

https://www.youtube.com/watch?v=kp2dkUfHPG0