Club Sports Suspension Kit AutoExe Mazda MX-5, Lebih Siap Gas Pol di Jalan dan Sirkuit

  • Oleh :

Senin, 28/Sep/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Tokyo, Jepang), 25 September 2020 - Masih bagian dari paket tuning ND-06S, selain bucket seat TYPE-A7, tuner Mazda AutoExe merilis suspensi Club Sports Suspension Kit untuk Mazda Roadster atau MX-5 dan itu bisa dipakai di MX-5 RF seperti keluaran ATPM.

Suspensi dikembangkan dengan tujuan menghasilkan center of gravity yang rendah dan roll rigidity tinggi dengan konstanta pegas dan karakteristik redaman telah disetting secara menyeluruh.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

Tujuannnya antara lain mempertahankan pengendalian akurat sehingga lebih siap gas pol di jalanan berliku-liku ataupun sirkuit.

Dudukan atas dari karet yang diperkuat (foto: AutoExe)

Dudukan atas dari karet diperkuat dengan meningkatkan tingkat kekerasan karet menekan jumlah defleksi sehingga menekan penundaan gaya redaman peredam dan menghadirkan performa penuh suspensi.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

Peredam monotube tipe penyetelan gaya redaman (foto: AutoExe)

Jenis monotube dengan sedikit perubahan pada gaya redaman agar mengendur karena panas bahkan selama sports driving dilakukan terus menerus.

Diameter piston ?44, dan gaya redaman dapat disetel dalam 24 langkah untuk mengontrol kecepatan putar sesuai lintasan serta masih mendukung perombakan.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

Wound-Spring (foto: AutoExe)

Seri wound-spring yang secara linier menaikkan konstanta pegas dari rentang operasi awal dan dengan hati-hati mengontrol sudut body roll digunakan. Spesifikasi terbaik ditentukan dengan mengulangi tes mengemudi di jalan berliku-liku dan sirkuit.

Full length adjustment type damper (foto: AutoExe)

Jenis penyesuaian panjang penuh damper Ketinggian kendaraan dapat diatur tanpa mengubah jumlah langkah dan tanpa dipengaruhi oleh gaya reaksi pegas.

Untuk menurunkan pusat gravitasi, tinggi kendaraan yang disarankan adalah -30 mm dibandingkan dengan kendaraan yang diproduksi secara massal, dan disediakan rentang penyesuaian 10 mm.

Berikut perbandingan empat jenis konstanta pegas dan sudut putar dari kendaraan yang diproduksi secara massal hingga club sports suspension dengan perhitungan sederhana.

Perbandingan club sport suspension dengan empat jenis suspensi lainnya (sumber: AutoExe)

Misalnya, dapat dibaca bahwa roll amount kit suspensi ini berkurang 0,82 , yaitu, 50% atau lebih, dibandingkan dengan 2,04 untuk produksi massal pada akselerasi lateral sekitar 0,5 G saat dijalankan dengan nyaman ketika berada di jalan berliku-liku.

Gaya redaman dalam kisaran kecepatan yang sangat rendah merupakan "pengendaraan" suspensi untuk jalan raya, yang memiliki konstanta pegas rendah.

Oleh karena itu, "fixed damping force type", dengan struktur piston sederhana, dipilih karena menguntungkan untuk peningkatan gaya redaman dalam kisaran kecepatan yang sangat rendah.

Di sisi lain, dengan konstanta pegas tinggi, Club Sports Suspension Kit mampu menekankan gaya redaman di kisaran kecepatan menengah dan tinggi, dan itu masih bisa diatur jenis penyesuaian gaya redaman menyesuaikan lintasan yang akan dilalui.

Semenjak bagian dari paket tuning ND-06S, sebaiknya tidak hanya mengandalkan suspensi ini semata agar performanya bisa lebih optimal. Gunakan juga beberapa parts AutoExe lainnya seperti suspension bush set, club sport brake pads, dan masih banyak lagi menurut website resmi AutoExe.

Bagi yang berminat, Club Sports Suspension Kit dibanderol 198.000 Yen atau sekitar 27,9 Juta Rupiah namun di Jepang baru dirilis bulan November 2020 mendatang.

Gas pol boleh tapi hati-hati ya. (Joule)

Tags :