Sejauh 638 Km, Tuner Trust Mencoba Touring Suzuki Jimny dengan Bolt-On Turbo

  • Oleh :

Selasa, 29/Sep/2020 13:55 WIB


SoundandMachine (Chba, Jepang), 25 September 2020 - Tuner asal Jepang, Trust, melakukan percobaan touring salah satu produk turbo buatannya yaitu bolt-on turbo kit untuk Suzuki Jimny Sierra yang sama seperti Jimny keluaran ATPM.

Rute touring Suzuki Jimny Turbo (sumber: Trust-Power)
Suzuki Jimny Sierra Turbo yang dipakai uji coba jarak jauh (foto: Trust-Power)

Menurut blog resmi Trust, rute touring dipilih dari Sendai ke Chiba melalui Niigata sepanjang 638 km dengan kombinasi antara jalan umum, jalan pegunungan, dan jalan tol untuk rute berkecepatan tinggi. Jimny turbo yang dipakai merupakan transmisi manual dengan odometer 9.000 km dan ban 235.

Baca Juga:
Toyota Hilux Lebih Gahar Pakai Front Skid Bar dan Fender Garnish JAOS

(foto: Trust-Power)

Jalan tol Yamagata menuju jalan gunung Sasaya terkenal cukup sulit mempertahankan kecepatan dengan mobil yang memiliki power rendah menurut pengemudi. Namun berkat tenaga dari turbo, Jimny tersebut mampu berjalan dengan mulus tanpa meningkatkan kecepatan mesin secara paksa.

(foto: Trust-Power)

Dari sana, ambil jalan umum Tobotobo, Rute 113, melintasi perbatasan prefektur antara Yamagata dan Niigata yang notabene jalan pegunungan, jadi ada medan naik-turun, tetapi pengemudi tidak merasa frustrasi karena kurang tenaga sehingga bisa ke Niigata dan menuju Kan-etsu Expressway dengan lancar.

Baca Juga:
Air Cleaner Spoon Honda Civic Type R, Tingkatkan Efisiensi Sekaligus Performa Mesin

(foto: Trust-Power)

Niigata-Dekat Prefektur Gunma Tanigawadake tidak sebagus jalanan gunung Sasaya, tapi lerengnya terus berlanjut. Jimny turbo tersebut mampu mendaki lereng tanpa kesulitan karena turbo kit tersebut ini memiliki torsi sekitar 3.000 rpm.

Praktis untuk kecepatan 3.000 rpm = sekitar 100 km, yang sering digunakan pada kecepatan tinggi, sudah tepat dengan peningkatan di daerah tersebut sekitar 0,2kg / cm3.

Baca Juga:
JAOS Motorsport, Dibalik Terus Berlanjutnya Modifikasi Suzuki Jimny

(foto: Trust-Power)

Turun ke dataran rendah Kanetsu dekat Miyoshi di Saitama dan di sanapengemudi berada di daerah lalin padat tiga jalur. Turbo kit bekerja bahkan saat Anda ingin menyalip mampu mencapai kecepatan target, menyusul, dan cepat kembali ke jalur semula dengan cepat.

(foto: Trust-Power)

Masuk ke gerbang tol Niiza di Kanetsu dengan membayar di jalur gardu tol otomatis agar tidak menghalangi arus lalu lintas, Ketika ingin berakselerasi dengan cepat, tenaga turbo juga berguna di daerah tersebut.

(foto: Trust-Power)

Kemudian masuk ke tol Metropolitan Tokyo dan itu adalah gulf line, akselerasi dan kemampuan manuver berperan hebat di tol Metropolitan Tokyo.

Mengikuti arus lalu lintas dengan berakselerasi dan menurut penguji tidak kalah dengan mobil non-Jepang yang berada di tol.

Konsumsi BBM rata-rata ketika pemakaian jarak jauh (foto: Trust-Power)

Ketika menempuh jarak 638 km, konsumsi BBM Jimny turbo menurut layar multi-information display rata-rata 13,6 km.

Penguji tidak menjalankan dengan boost secara terus-menerus namun power bandnya lebar. Pergantian gigi juga tidak jadi sering karena memang sebaiknya tidak meningkatkan jumlah putaran secara paksa, termasuk dalam kondisi dibutuhkan seperti melewati jalan pegunungan.

Turbo kit Suzuki Jimny Sierra (foto: Trust-Power)
Flyer Turbo kit Suzuki Jimny Sierra (foto: Trust-Power)

Buat yang berminat turbo kit Jimny buatan Trust-Power atau GReddy, turbo kit tersebut dibanderol 430.000 Yen atau sekitar 60,7 juta Rupiah untuk dengan catalyzer dan 350.000 Yen atau sekitar 49,4 juta Rupiah tanpa catalyzer.

Inspiratif. (Joule)

Tags :